PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA KARTU FISIKA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA KELAS X SMAN 1 KARANGREJO PADA SUB MATERI SUMBER ENERGI

NIKEN DWI SEPTIANI, 126211211025 and HUSNI CAHYADI KURNIAWAN, 198912042023211023 (2025) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA KARTU FISIKA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA KELAS X SMAN 1 KARANGREJO PADA SUB MATERI SUMBER ENERGI. [ Skripsi ]

[img] Text
cover.pdf

Download (775kB)
[img] Text
ABTRAK.pdf

Download (249kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (282kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Team Game Tournament (TGT) Disertai Media Kartu Fisika Terhadap Hasil Belajar Dan Kreativitas Siswa Kelas X SMAN 1 Karangrejo Pada Sub Materi Sumber Energi” yang ditulis oleh Niken Dwi Septiani, NIM. 126211211025, Program Studi Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan dosen pembimbing Husni Cahyadi Kurniawan, S.Si., M.Si. Kata kunci: Team Game Tournament (TGT), Hasil Belajar, Kreativitas Penelitian ini dilatarbelakangi dari rendahnya hasil belajar dan kreativitas siswa. Hal ini disebabkan oleh model pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi dan suasana kelas kurang menyenangkan menyebabkan hasil belajar dan kreativitas siswa rendah. Maka, diperlukan upaya untuk membuat suasana kelas menjadi menyenangkan dan dapat meningkatkan hasil belajar dan kreativitas siswa dengan menerapkan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT). Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui adanya pengaruh model cooperative learning tipe Team Game Tournament (TGT) terhadap hasil belajar pada siswa kelas X SMAN 1 Karangrejo pada sub materi sumber energi, (2) mengetahui adanya pengaruh model cooperative learning tipe Team Game Tournament (TGT) terhadap kreativitas pada siswa kelas X SMAN 1 Karangrejo pada sub materi sumber energi, (3) mengetahui adanya pengaruh model cooperative learning tipe Team Game Tournament (TGT) terhadap hasil belajar dan kreativitas pada siswa kelas X SMAN 1 Karangrejo pada sub materi sumber energi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental design dengan desain nonequivalent posttest only control group design. Variable bebasnya adalah model pembelajaran kooperatif tipe Teams Group Tournament (TGT) disertai media kartu fisika. Variabel terikatnya adalah hasil belajar dan kreativitas siswa. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMAN 1 Karangrejo tahun ajaran 2024/2025 yang terdiri dari 11 kelas. Sampel penelitian ini yaitu kelas X I dengan jumlah siswa 36 dan X K dengan jumlah siswa 37. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan ada tiga uji yaitu: 1) uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), 2) uji prasyarat (uji normalitas dan homogentitas), 3) uji hipotesis (uji t dan uji MANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh penggunaan model cooperative learning tipe team game tournament (TGT) terhadap hasil belajar pada siswa kelas X SMAN 1 Karangrejo pada sub materi sumber energi dengan Sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05. 2) Ada pengaruh penggunaan model cooperative learning tipe team game tournament (TGT) terhadap kreativitas pada siswa kelas X SMAN 1 Karangrejo pada sub materi sumber energi dengan Sig.(2-tailed) 0,003 < 0,05. 3) Ada pengaruh penggunaan model cooperative learning tipe team game tournament (TGT) terhadap hasil belajar dan kreativitas pada siswa kelas X SMAN 1 Karangrejo pada sub materi sumber energi dengan nilai signifikasi wilks’ lambda sebesar 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 126211211025 NIKEN DWI SEPTIANI
Date Deposited: 15 Oct 2025 01:30
Last Modified: 15 Oct 2025 01:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63181

Actions (login required)

View Item View Item