PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE FOUR CORNERS TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DI MIN 2 BLITAR

FINA WAKHIDATUL FITRI, 126205212159 and KHABIBUR ROHMAN, 199107032023211026 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE FOUR CORNERS TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DI MIN 2 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (944kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (608kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (591kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (484kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (728kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (887kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (461kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan komunikasi matematis siswa di MIN 2 Blitar. Hal ini dikarenakan model pembelajaran yang dilakukan masih cenderung monoton dan tidak ada inovasi. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam proses pembelajaran yaitu penggunaan model pembelajaran yang menarik. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Four Corners dipakai peneliti dalam penelitiannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pelaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Four Corners pada mata pelajaran matematika Kelas V di MIN 2 Blitar dan Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Four Corners terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa di MIN 2 Blitar. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian quasi eksperimen. Penelitian dilaksanakan di MIN 2 Blitar dengan sampel kelas V-A dan kelas V-B. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa tes (pre-test dan post-test). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu uji instrumen (uji validitas dan reliabilitas), uji prasyarat (uji homogenitas, uji normalitas) dan uji hipotesis menggunakan uji T, uji paired, dan perhitungan N-Gain score. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) Pelaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Four Corners pada kelas eksperimen dirasa menarik terlihat dari respon dan aktivitas siswa yang aktif. 2) Tidak ada pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Four Corners terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa di MIN 2 Blitar. diartikan sesuai dengan hasil uji t 0.05 < 0.05. Maka dalam pengujian ini menunjukkan bahwa Ha ditolak dan Ho diterima. Akan tetapi pada hasil uji paired terdapat peningkatan yang signifikan pada kedua kelas (sig. 0,001). Kemudian pada hasil nilai n-gain score kelas eksperimen 0,321, yang mana nilai tersebut lebih tinggi daripada kelas kontrol yakni 0,148. Hal ini menunjukkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Four Corners lebih unggul dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205212159 FINA WAKHIDATUL FITRI
Date Deposited: 17 Oct 2025 01:40
Last Modified: 17 Oct 2025 01:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63269

Actions (login required)

View Item View Item