MAFTUHAH ALFI SA'ADAH, 126310212055 and PRISCA BUDI JUVITASARI, 199208182023212064 (2025) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL SISWA KELAS XI DALAM MENCARI INFORMASI DI MEDIA DIGITAL MELALUI GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DI SMAN 1 NGUNUT. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (716kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (365kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (337kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (331kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (397kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (365kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (569kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (239kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Analisis Kemampuan Literasi Digital Siswa Kelas XI Dalam Mencari Informasi di Media Digital Melalui Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SMAN 1 Ngunut” ini ditulis oleh Maftuhah Alfi Sa’adah, NIM. 126310212055, dengan dosen pembimbing Ibu Prisca Budi Juvitasari, M.A. Kata Kunci: GLS, Literasi Digital, Media Digital Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pesatnya kemajuan teknologi digital yang mempengaruhi pola akses informasi pelajar, yang saat ini lebih mengandalkan internet dan berbagai media digital saat kegiatan Jum’at literasi. Meskipun kemudahan akses ini memberikan banyak manfaat, namun juga menimbulkan tantangan seperti banyaknya informasi hoaks dan rendahnya kemampuan literasi digital dikalangan pelajar. Oleh karena itu, penerapan literasi digital sebagai kompetensi penting dalam Pendidikan menjadi langkah strategis untuk menghadapi tantangan tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) Kemampuan literasi digital siswa kelas XI dalam mencari informasi di media digital melalui GLS di SMAN 1 Ngunut; dan (2) Mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat siswa kelas XI dalam mencari informasi secara efektif di media digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis analisis deskriptif. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipasi pasif, wawancara dengan teknik semi terstruktur yang dilakukan dengan 8 siswa kelas XI dan 2 guru/wali kelas dan dokumentasi dari pelaksanaan kegiatan Jum’at literasi. Teknik analisis data dilakukan menggunakan model analisis data milik Milles dan Huberman yang terdidi dari tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pada tahap proses, siswa memiliki kemampuan berpikir kritis dalam menilai dan mengevaluasi isi serta sumber informasi melalui berbagai strategi, sekaligus mampu mengolah dan menyampaikannya kembali menjadi rangkuman yang sistematis. Pada tahap hasil, penerapan berpikir kritis dan sikap selektif siswa terlihat dari respon mereka saat pernah menemukan informasi hoaks, serta kebiasaan mencantumkan sumber. Pada tahap penilaian, guru menilai hasil karya literasi siswa berdasarkan berbagai aspek. (2) Faktor pendukung yang paling dominan dalam mempengaruhi pencarian informasi yaitu, kemudahan akses terhadap media digital. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu, banyaknya informasi hoaks.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Perpustakaan Bahasa Dan Sastra > Literasi |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam |
Depositing User: | 126310212055 MAFTUHAH ALFI SA'ADAH |
Date Deposited: | 20 Oct 2025 03:55 |
Last Modified: | 20 Oct 2025 03:55 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63305 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |