PENGARUH METODE GAME BASED LEARNING MELALUI WORDWALL TERHADAP PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DIMENSI BERNALAR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MIN 4 TULUNGAGUNG

ROSIANA LUTFIASARI, 126205212162 and KHABIBUR ROHMAN, 199107032023211026 (2025) PENGARUH METODE GAME BASED LEARNING MELALUI WORDWALL TERHADAP PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DIMENSI BERNALAR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MIN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (766kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (390kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (353kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (390kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (268kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Game Based Learning Melalui Wordwall Terhadap Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Bernalar Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di MIN 4 Tulungagung” ini ditulis oleh Rosiana Lutfiasari, NIM. 126205212162, dengan pembimbing Dr. Khabibur Rahman, M.Pd.I Kata Kunci: Game Based Learning, Bernalar Kritis, dan Wordwall Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan bernalar kritis siswa dalam pembelajaran matematika di MIN 4 Tulungagung, khususnya pada materi pola bilangan, menjadi latar belakang penelitian ini. Pembelajaran konvensional yang monoton menyebabkan siswa cepat bosan dan kesulitan memahami konsep. Hal ini berdampak pada rendahnya partisipasi aktif dan hasil belajar siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan inovasi metode pembelajaran yang mampu meningkatkan minat dan kemampuan bernalar kritis siswa secara menyenangkan dan interaktif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode Game Based Learning (GBL) melalui aplikasi Wordwall terhadap penguatan dimensi bernalar kritis pada Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran matematika. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi kendala yang dihadapi dalam penerapan metode tersebut di kelas. Wordwall dipilih karena menyediakan media permainan edukatif yang menarik dan dapat disesuaikan dengan materi pembelajaran, sehingga diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi-experimental dan desain pretest-posttest control group. Sampel penelitian terdiri dari 37 siswa kelas IV di MIN 4 Tulungagung, dengan pembagian 18 siswa sebagai kelompok eksperimen (menggunakan metode GBL melalui Wordwall) dan 19 siswa sebagai kelompok kontrol (menggunakan metode konvensional). Instrumen yang digunakan meliputi tes kemampuan bernalar kritis dan kuesioner kendala penerapan. Analisis data dilakukan menggunakan uji effect size dengan rumus Cohen’s d. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Game Based Learning melalui Wordwall memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap peningkatan kemampuan bernalar kritis siswa, dengan nilai effect size sebesar 3,87 yang termasuk kategori sangat tinggi. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan metode GBL melalui Wordwall efektif untuk memperkuat salah satu dimensi Profil Pelajar Pancasila, yaitu bernalar kritis. Meskipun terdapat beberapa kendala dalam penerapannya, seperti keterbatasan waktu dan kesiapan teknis, secara keseluruhan metode ini terbukti mampu menciptakan suasana belajar yang lebih menarik dan bermakna.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205212162 ROSIANA LUTFIASARI
Date Deposited: 20 Oct 2025 04:13
Last Modified: 20 Oct 2025 04:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63318

Actions (login required)

View Item View Item