SRI WAHYUNINGSIH, 126210202099 (2024) PENGARUH MEDIA BERITA DETIK.COM TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS XI MIA DI MA AL – MA’ARIF TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2023/2024. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (375kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (171kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (182kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (320kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (329kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (172kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (163kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (160kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan media berita detik.com terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI MIA Al-Ma'arif Tulungagung. Permasalahan penelitian berangkat dari observasi awal yang menunjukkan rendahnya kemampuan siswa dalam menulis teks eksplanasi yang efektif dan menarik. Oleh karena itu, media berita detik.com dipilih sebagai intervensi dengan harapan dapat memberikan materi yang kontekstual dan relevan bagi siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen yang menggunakan desain one group pretest-posttest. Desain ini memungkinkan peneliti untuk membandingkan kondisi siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan media berita detik.com. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada kemampuan menulis teks eksplanasi siswa setelah perlakuan. Peningkatan ini terlihat dari perbedaan rata-rata nilai yang diperoleh pada pretest dan posttest. Rata-rata nilai pretest siswa sebelum menggunakan media detik.com adalah 58,27, yang menunjukkan tingkat kemampuan yang cukup rendah. Setelah perlakuan, rata-rata nilai posttest meningkat tajam menjadi 79,7. Selisih rata-rata nilai yang signifikan ini mengindikasikan bahwa perlakuan menggunakan media berita detik.com efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial menggunakan uji-t, diketahui bahwa t-hitung yang diperoleh sebesar 5,41. Nilai t-hitung ini jauh lebih besar dibandingkan dengan nilai t-tabel sebesar 1,740. Dengan perbandingan t-hitung > t-tabel (5,41 > 1,740), maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Kesimpulan ini secara statistik menguatkan temuan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media berita detik.com terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa. Dengan demikian, media berita detik.com sangat direkomendasikan sebagai alat bantu yang efektif untuk pembelajaran menulis teks eksplanasi.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia Pendidikan > Media Pembelajaran |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
| Depositing User: | 126210202099 SRI WAHYUNINGSIH |
| Date Deposited: | 23 Oct 2025 01:19 |
| Last Modified: | 23 Oct 2025 01:19 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63337 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
