METODE SOROGAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SANTRI DI TPA AL-IKHLAS DESA NGRAMBINGAN PANGGUL TRENGGALEK

TUH BAGUS ABDULLOH KHILMI, 12201173071 (2023) METODE SOROGAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SANTRI DI TPA AL-IKHLAS DESA NGRAMBINGAN PANGGUL TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (200kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (122kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (236kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (132kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (695kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar karena kesalahan dalam membaca Al-Qur’an dapat merubah maknanya. Oleh sebab itu, supaya dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar maka perlu menempuh proses pendidikan. Pada pembelajaran membaca Al-Qur’an maka perlu metode yang baik dan benar. Salah satu metode pembelajaran yang diterapkan di TPA Al-Ikhlas untuk meningktakan kemampuan membaca Al-Qur’an adalah dengan menggunakan metode sorogan. Fokus penelitian dari skripsi ini yaitu: (1) Bagaimana implementasi metode sorogan dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada santri di TPA Al-Ikhlas Desa Ngrambingan Panggul Trenggalek?; (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan metode sorogan untuk meningkatkan kemampuanmembaca Al-Qur’an pada santri di TPA Al-Ikhlas Desa Ngrambingan Panggul Trenggalek?; (3) Bagaimana implikasi metode sorogan dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada santri di TPA Al-Ikhlas Desa Ngrambingan Panggul Trenggalek? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dimana peneliti akan mendeskripsikan metode sorogan yang diterapkan TPA Al-Ikhlas untuk meningkatkan kemampuan santri dalam membaca Al-Qur’an. Data dalam penelitiana ini diperoleh dari hasil observasi, dokumentasi dan wawancara langsung dengan informan. Data yang terkumpul akan dianalisis dengan model analisis interaktif Miles dan Huberman melalui tiga tahap, yaitu kondensasi data, pemaparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Implementasi metode sorogan di TPA Al-Ikhlas Desa Ngrambingan Panggul Trenggalek yaitu santri saling berhadapan dengan ustadz atau ustazahnya untuk menyodorkan bacaan alquran yang sudah dipersiapkan.; 2) Faktor pendukung dalam impemenasi metode sorogan di TPA Al-Ikhlas diantaranya yaitu: pertama, santri yang rajin dan istiqomah mengikuti kegiatan sorogan. Kedua, Pengajar yang mempunyai kompetensi dalam bidangnya. Ketiga, adanya materi tambahan mengenai ilmu tajwid. Keempat, sarana dan perasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambat impemenasi meode sorogan di TPA Al-Ikhlas diantaranya yaitu: pertama, santri yang malas seingga bosan mengikuti kegiatan sorogan. Kedua, kurangnya persiapan santri sebelum sorogan. Ketiga, santri yang kurang disiplin dan mengantuk ketika sorogan.; 3) Implikasi dari implementasi metode sorogan di TPA Al-Ikhlas Desa Ngrambingan Panggul Trenggalek adalah kemampuan dan kelancaran membaca Al-Qur’an para santri seiring berjalannya waktu semakin lancar dan sesuai kaedah ilmu Al-Qur’an baik dari segi tajwid maupun makhorijul huruf.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > TPA
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173071 TUH BAGUS ABDULLOH KHILMI
Date Deposited: 23 Oct 2025 07:46
Last Modified: 23 Oct 2025 07:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63476

Actions (login required)

View Item View Item