PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUS SALAM SUTOJAYAN BLITAR

M. BARA NUR SAMSU ZAHROAL IHWAN, 126207212070 and DIKA PUTRI RAHAYU, 2022129101 (2025) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUS SALAM SUTOJAYAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (715kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (268kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (165kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (303kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (209kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kinerja Guru di Madrasah Tsanawiyah Nurus Salam Sutojayan Blitar” ini ditulis oleh M. Bara Nur Samsu Zahroal Ihwan, NIM 126207212070. Prodi Manajemen Pendidikan Islam. Pembimbing: Dr. Dika Putri Rahayu, M.Pd. Kata Kunci: Kepemimpinan Transformasional, Kinerja Guru Suatu lembaga pendidikan dapat dikatakan berkualitas apabila senantiasa berupaya meningkatkan mutu pendidikannya secara berkelanjutan. Salah satu elemen penting dalam proses pendidikan adalah guru. Guru memiliki peran strategis dalam membentuk peserta didik yang cerdas, berkompeten, dan berkarakter. Oleh karena itu, kinerja guru harus dioptimalkan agar tujuan pendidikan dapat tercapai secara maksimal. Pengoptimalan kinerja guru tidak dapat dipisahkan dari peran kepala madrasah sebagai pemimpin dan pengendali lembaga pendidikan. Kepala madrasah dituntut untuk mampu memberikan kepemimpinan yang berdampak positif terhadap kinerja guru. Salah satu model kepemimpinan yang diyakini mampu menginspirasi dan memotivasi guru untuk mencapai kinerja optimal adalah kepemimpinan transformasional. Model kepemimpinan ini menekankan pada empat karakteristik utama, yaitu pengaruh ideal, motivasi inspirasional, rangsangan intelektual, dan pertimbangan individual. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan transformasional kepala madrasah terhadap kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Nurus Salam Sutojayan Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket tertutup yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di Madrasah Tsanawiyah Nurus Salam yang berjumlah 60 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Teknik analisis data menggunakan uji validitas dan realibilitas sebagai uji instrument, analisis linieritas dan normalitas sebagai uji prasyarat, dan analisis regresi linier sederhana sebagai uji hipotesis melalui bantuan software SPSS 26. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian ini menggunakan SPSS 26. Pengujian hipotesis uji t menghasilkan Thitung sebesar (15,702) > Ttabel sebesar (2,008) dengan nilai Signifikansi sebesar 0,000 < (0,05), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Selanjutnya diperkuat berdasarkan uji koefisien determinasi (KD) atau R2 sebesar 0,810 atau sebesar 81%. Oleh karena itu, artinya variabel Kepemimpinan Transformasional (X) mempengaruhi variabel Kinerja Guru (Y) sebesar 81%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara kepemimpinan transformasional kepala madrasah terhadap kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Nurus Salam Sutojayan Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > Kepala Sekolah
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 126207212070 M BARA NUR SAMSU ZAHROAL IHWAN
Date Deposited: 29 Oct 2025 07:21
Last Modified: 29 Oct 2025 07:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63563

Actions (login required)

View Item View Item