CHUSNATU ZULFA MAULID DIANA, 126205213198 and TIMBUL, 196110101992031002 (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK DI MI ISLAM PURWOKERTO BLITAR. [ Skripsi ]
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text COVER.pdf Download (472kB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text ABSTRAK.pdf Download (497kB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text DAFTAR ISI.pdf Download (596kB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB I.pdf Download (589kB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (272kB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (172kB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (460kB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (125kB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (146kB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | 
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam meningkatkan Keterampilan Berbicara peserta didik di MI Islam Purwokerto” ini ditulis oleh Chusnatu Zulfa Maulid Diana, NIM 126205213198, Pembimbing Drs. Timbul,M.Pd.I. NIP.19611010199203 Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw, Keterampilan Berbicara Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi dengan guru kelas III pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI Islam Purwokerto yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yang terbukti dengan meningkatnya keterampilan bebicara peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran dan kegiatan diskusi yang berjalan dengan baik sehingga peserta didik dapat menerima materi dengan baik. Tujuan Penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah untuk dapat mendeskripsikan dan mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik. Metode penelitian ini emnggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif penelitian berlokasi di MI Islam Purwokerto Blitar. Penelitian ini bersifat mendeskripsikan, menafsrkan dana menturkan data yang didapat dari lapangan dan menghasilkan deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari narasumber. Dari penelitian ini diperoleh hasil penelitian yaitu (1) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jisaw dalam Meningkatakan Keterampilan Berbicara Peserta Didik di MI Islam Purwokerto dilakukan dengan cara guru membentuk kelompok kecil secara heterogen dengan kemampuan dan latar belakang peserta didik yang berbeda-beda serta memberikan materi sebagai bahan untuk dipelajari peserta didik, memberikan ruang dikusi bagi kelompok ahli dan kelompok asal untuk mengemukakan pendapat dan ide guna mengasah keterampilan berbicara peserta didik. (2) Penerapan Model Pembelajaran Koopertif Tipe Jigsaw memiliki beberapa faktor yang dapat mepengaruhi hasil penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, dalam prosesnya guru perlu menanamkan pemikiran kepada peserta didik bahwasannya peserta didik memiliki tujuan pembelajaran yang sama, didalam prosesnya setiap anggota kelompok memiliki peran yang sama-sama penting dalam mencapai hasil yang maksimal. (3) Dalam Penerapan Model Pembelajaran Koopertif Tipe Jigsaw terdapat berbagai hambatan yang terjadi salah satunya adalah terbatasnya waktu proses pembelajaran, hal ini menjadi tantngan bagi pendidik agar proses Penerapan Model Pembelajaran Koopertif Tipe Jigsaw dapat berjalan dengan baik dan lancar.
| Item Type: | Skripsi | 
|---|---|
| Subjects: | Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran Pendidikan > Guru Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Pendidikan Anak Pendidikan > Peserta Didik | 
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI | 
| Depositing User: | 126205213198 CHUSNATU ZULFA MAULID DIANA | 
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 01:33 | 
| Last Modified: | 29 Oct 2025 01:33 | 
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63590 | 
Actions (login required)
|  | View Item | 
 
        