STRATEGI INKUIRI DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA VIDEO DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PIDATO KELAS VIII DI MTSN 3 BLITAR

ADISYA PUTRI ARLI, 126210211001 and RAHMAWATI MULYANINGTYAS, 198906122020122012 (2025) STRATEGI INKUIRI DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA VIDEO DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PIDATO KELAS VIII DI MTSN 3 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (899kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (265kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (147kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (650kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (253kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Strategi Inkuiri dengan Memanfaatkan Media Video dalam Pembelajaran Menulis Teks Pidato Kelas VIII di MTsN 3 Blitar”. Ditulis oleh ADISYA PUTRI ARLI dengan NIM 126210211001, yang dibimbing langsung oleh Ibu Rahmawati Mulyaningtyas, M.Pd. Kata Kunci: Strategi Inkuiri, Media Video, Menulis, Teks Pidato, Keterampilan menulis merupakan salah satu kompetensi penting dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, tetapi sering kali dianggap sulit dan kurang diminati oleh siswa, terutama dalam menulis teks pidato. Rendahnya minat dan kemampuan menulis siswa disebabkan oleh kurangnya strategi pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif serta minimnya media yang menarik dalam penyampaian materi. Oleh karena itu, dibutuhkan pendekatan yang mampu meningkatkan motivasi dan pastisipasi siswa secara efektif dalam pembelajaran menulis. Fokus penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran strategi inkuiri dengan memanfaatkan media video dalam menulis teks pidato kelas VIII di MTsN 3 Blitar. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 3 Blitar. Studi kasus penelitian ini adalah penggunaan media video dalam penerapan strategi inkuiri untuk pembelajaran menulis teks pidato. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data-data yang diperoleh dianalisis dengan deksriptif ke dalam bahasa yang mudah dipahami oleh semua orang dan disajikan secara tertulis dalam bentuk laporan. Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa guru pada tahap perencanaan pembelajaran dilakukan secara sistematis dengan memperhatikan karakteristik siswa, tujuan pembelajaran, serta pemilihan media video yang relevan. Pelaksanaan strategi inkuiri berjalan dengan baik, dimulai dari pengamatan video, diskusi, penyususnan gagasan, hingga penulisan teks pidato. Evaluasi menunjukkan bahwa Sebagian besar siswa mengalami peningkatan keterampilan menulis, baik dari segi struktur, isi, maupun penggunaan bahasa. Strategi inkuiri berbasis media video terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa serta menjadikan pembelajaran lebih interaktif dan bermakna.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 126210211001 ADISYA PUTRI ARLI
Date Deposited: 06 Nov 2025 02:34
Last Modified: 06 Nov 2025 02:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63793

Actions (login required)

View Item View Item