SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU PADA MASA PANDEMI COVID - 19 (Studi Multi Situs di MA At-Thohiriyah Tulungagung dan MA Darul Huda Blitar)

ANA ZAHROTUL FATONAH, 12501194017 (2021) SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU PADA MASA PANDEMI COVID - 19 (Studi Multi Situs di MA At-Thohiriyah Tulungagung dan MA Darul Huda Blitar). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (408kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (231kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (477kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (761kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (252kB)
[img] Text
LAMPIRAN - LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tesis dengan judul “Supervisi Akademik Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Multisitus di MA At-Thohiriyah Tulungagung dan MA Darul Huda Blitar)” ini ditulis oleh Ana Zahrotul Fatonah NIM 12501194017 dengan bimbingan Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. dan Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag. Kata Kunci: Kepala Madrasah, Supervisi Akademik, Profesionalisme Guru, Masa Pandemi Covid-19 Keberadaan kepala madrasah di lembaga pendidikan mempunyai peran yang sangat penting dalam mengembangkan dan memimpin lembaga pendidikan, karena kepala madrasah merupakan salah satu kunci keberhasilan lembaga pendidikan yang berkualitas baik dalam proses maupun out put, maka dari itu kepala madrasah sebagai supervisor diharapkan dapat memberikan nilai yang positif (memotivasi, membina, dan mengembangkan kompetensi guru) terhadap peningkatan profesionalisme guru. Tesis ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah wawasan, polapikir, sikap, dan pengalaman sebagai upaya peningkatan kualitas dalam pembelajaran melalui supervisi akademik yang dilakukan kepala madrasah untuk meningkatkan profesionalisme guru pada masa pandemi covid-19. Supervisi akademik adalah serangkaian kegiatan untuk membantu guru mengembangkan kemampuannya dalam mengelola proses pembelajaran dan pencapaian tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui supervisi akademik yang dilakukan kepala madrasah untuk meningkatkan profesionalisme guru pada masa pandemi covid-19. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana konsep supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru pada masa pandemi covid-19 di MA At-Thohiriyah Tulungagung dan MA Darul Huda Blitar?, (2) Bagaimana pelaksanaan supervisi akademik supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru pada masa pandemi covid-19 di MA At-Thohiriyah Tulungagung dan MA Darul Huda Blitar?, (3) Bagaimana tindak lanjut supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru pada masa pandemi covid-19 di MA At-Thohiriyah Tulungagung dan MA Darul Huda Blitar?. Pendekatan penelitian dalam tesis ini menggunakan pendekat kualitatif dengan rancangan studi multisitus. Temuan dan teori dipaparkan dengan menggunakan landasan berfikir fenomenologis, sedangkan sumber data diperoleh berdasarkan person, place, dan papper, melalui proses pencarian data dan informan dari satu informan berganti ke informan yang lain atas saran informan sebelumnya sesuai yang tujuan dan kerangka penelitian. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan dengan menggunakan teknik reduksi data, dilanjutkan dengan penyajian data, serta penarikan kesimpulan/verivikasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik Trianggulasi. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa: 1) Konsep supervisi akademik kepala madrasah dilakukan dengan melakukan perencanaan program supervisi akademik yang disusun pada setiap awal tahun ajaran baru dengan melibatkan semua waka dan menyeluruh. Kemudian diaakannya pembuatan SK atau pembentukan tim supervisi yang ditunjuk oleh kepala madrasah. Menggunakan pendekatan secara kekeluargaan yang menciptakan suasana santai tapi serius. 2) pelaksanaan supervisi akademik meliputi kunjungan kelas atau dengan monitoring pembelajaran daring, observasi, wawancara dan diskusi yang sifatnya non formal, kujungan antar kelas (teknik individu) ditindak lanjut dengan: rapat dengan guru, study kelompok guru mata pelajaran sejenis (MGMP), workshop baik secara langsung ataupun virtual, dan seminar. 3) tindak lanjut supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan provesionalisme guru dengan diberikan pembinaan tentang pembuatan administrasi pembelajaran secara provesional terkhusus pada masa pandemi seperti sekarang ini, penertiban laporan bulanan hasil pembelajaran baik secara daring dan luring, pemberian reword dan panismen pada guru yang mengalami peningkatan maupun pelanggaran, mendelegasikan para guru untuk mengikuti perlombaan dan pelatihan baik langsung ataupun virtul pada masa pandemi covid-19. Memberikan penghargaan pada guru berprestasi atau guru senior serta menunjuknya untuk menjadi tim supervisi atau menjadi figur dalam pelatihan intern yang diadakan oleh lembaga.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Kepala Sekolah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12501194017 ANA ZAHROTUL FATONAH
Date Deposited: 06 Nov 2025 02:45
Last Modified: 06 Nov 2025 02:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63796

Actions (login required)

View Item View Item