PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERBASIS CANVA TERHADAP KARAKTERISTIK NASIONALISME MATERI ORGANISASI PADA MASA KEPENDUDUKAN JEPANG IPS (Studi Penelitian Kelas XI MA Bustanul Muta’alimin Kota Blitar)

CHONIVA YURISTRIANI FADILLA, 126209211009 and NUR ISROATUL KHUSNA, 198703262019032018 (2025) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERBASIS CANVA TERHADAP KARAKTERISTIK NASIONALISME MATERI ORGANISASI PADA MASA KEPENDUDUKAN JEPANG IPS (Studi Penelitian Kelas XI MA Bustanul Muta’alimin Kota Blitar). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (826kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (233kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (133kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (211kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (119kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul "Pengembangan Video Animasi Berbasis Canva terhadap Karakteristik Nasionalisme Materi Organisasi pada Masa Kependudukan Jepang IPS Kelas XI MA Bustanul Muta’alimin Blitar" ini ditulis oleh Choniva Yuristriani Fadilla, NIM 126209211009, dengan pembimbing Dr. Nur Isroatul Khusna, M.Pd., NIP. 19870326201932018. Kata Kunci: Video Animasi, Canva, Nasionalisme, Pembelajaran Sejarah, Masa Pendudukan Jepang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya minat belajar siswa terhadap pelajaran sejarah, khususnya pada materi organisasi bentukan Jepang pada masa pendudukan, akibat metode pembelajaran yang masih dominan ceramah dan kurang memanfaatkan media yang menarik. Untuk mengatasi persoalan tersebut, dikembangkanlah media pembelajaran berbasis video animasi menggunakan platform Canva yang menyajikan informasi sejarah secara visual dan naratif, sehingga diharapkan mampu meningkatkan pemahaman dan membentuk karakter nasionalisme peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui langkah-langkah pengembangan media video animasi berbasis Canva dalam pembelajaran sejarah Indonesia; (2) menilai tingkat kevalidan media tersebut sebagai alat bantu pembelajaran; dan (3) menganalisis pengaruh media terhadap karakteristik nasionalisme siswa kelas XI MA Bustanul Muta’alimin Blitar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan angket kepada ahli materi, ahli media, guru, serta siswa. Hasil validasi menunjukkan bahwa media video animasi ini memperoleh skor validitas sebesar 94% dari ahli materi dan 95% dari ahli media, yang dikategorikan sebagai "Sangat Valid". Selain itu, implementasi pada skala kecil dan besar membuktikan bahwa media ini efektif meningkatkan keterlibatan siswa dan menumbuhkan semangat nasionalisme dalam pembelajaran sejarah, dengan hasil 95% dari responden Siswa, dan dapat dikategorikan “Sangat Tinggi”. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa media video animasi berbasis Canva tidak hanya valid secara isi dan tampilan, tetapi juga relevan serta efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran sejarah, khususnya dalam penanaman nilai nasionalisme. Inovasi ini dapat menjadi alternatif solusi dalam pengembangan media pembelajaran yang menarik dan kontekstual sesuai kebutuhan generasi pembelajar masa kini.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 126209211009 CHONIVA YURISTRIANI FADILLA
Date Deposited: 25 Nov 2025 05:16
Last Modified: 25 Nov 2025 05:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64057

Actions (login required)

View Item View Item