MUH. AAN MUSTAKIM, 2811133168 (2017) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI SDIT AL-ASROR RINGINPITU KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (668kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (92kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (278kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (573kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (607kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (267kB) |
||
|
Text
BAB VI.pdf Download (137kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (148kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Guru PAI dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di SDIT Al-Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung” ini ditulis oleh Muh. Aan Mustakim, NIM. 2811133168, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, pembimbing Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I. Kata kunci: Upaya, Guru PAI, Disiplin Siswa Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena perilaku siswa yang sering sekali menyepelekan masalah kedisiplinan bahkan banyak sekali melakukan pelanggaran-pelanggaran menyalahi peraturan yang ditetapkan sekolah seperti datang terlambat, tidak mengerjakan PR, dan suka bergurau saat shalat berjamaah. Hal ini, tentunya menjadi suatu permasalahan yang harus diselesaikan secepat mungkin oleh para guru khususnya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan siswa. Fokus penelitian yang ada dalam skripsi ini adalah 1. Bagaimana upaya guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan beribadah siswa di SDIT Al-Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung? 2. Bagaimana upaya guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di SDIT Al-Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung? 3. Apa saja hal-hal yang mendukung dan menghambat upaya guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SDIT Al-Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung? Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah 1. Untuk mendiskripsikan upaya guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan beribadah siswa di SDIT Al-Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung 2. Untuk mendiskripsikan upaya guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di SDIT Al-Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung 3. Untuk mendiskripsikan hal-hal yang mendukung dan menghambat upaya guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SDIT Al-Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian studi kasus. Untuk metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode obesravsi dan wawancara digunakan untuk memperoleh data tentang upaya guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SDIT Al-Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang sarana-prasarana, dokumen guru dan siswa di SDIT Al-Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung. Dalam melakukan analisis data tahap-tahap yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan dalam pengecekan keabsahan data tahap-tahap yang dilakukan adalah perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat, triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Upaya guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan beribadah siswa di SDIT Al-Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung yaitu: (a) memberikan penekanan dengan menerapkan kegiatan secara terus-menerus dan berulang-ulang; (b) menjadi pengawas dalam kegiatan yang ada di sekolah; (c) menanamkan kedisiplinan pada dirinya sendiri (self-discipline) dengan memberikan contoh yang baik; (d) memberikan penekanan dengan menerapkan pembiasaan-pembiasaan religius; (e) menerapkan metode hukuman. 2. Upaya guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di SDIT Al-Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung yaitu: (a) menggunakan penekanan pada siswa melalui kegiatan-kegiatan pembiasaan sebelum pembelajaran dimulai; (b) menerapkan metode ceramah dan praktik kepada siswa; (c) menerapkan kepada siswa dengan memberikan tugas sebagai pelatihan kemampuan terhadap materi pelajaran; dan (d) menerapkan metode penghargaan dan metode hukuman. 3. Hal-hal yang mendukung dan menghambat upaya guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SDIT Al-Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung: (a) Hal-hal yang mendukung yaitu adanya konsistensi dari pihak guru untuk selalu menerapkan kedisiplinan setiap hari, adanya peranan orang tua dalam mendidik anak, lingkungan pembelajaran yang kondusif, adanya sarana dan prasarana yang memadai dalam menunjang keberhasilan siswa (b) Hal-hal yang menghambat yaitu kurangnya siswa dalam menguasai pelajaran, latar belakang sosial keluarga, dan kurangnya kesadaran pada diri siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2811133168 MUH. AAN MUSTAKIM |
Date Deposited: | 06 Dec 2017 03:32 |
Last Modified: | 06 Dec 2017 03:32 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6412 |
Actions (login required)
View Item |