PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FOTO PERISTIWA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMPN 3 KEDUNGWARU

LAILI ZAHROTUL MAGFIROH, 126210213118 and BAGUS WAHYU SETYAWAN, 199304272020121008 (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FOTO PERISTIWA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMPN 3 KEDUNGWARU. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (370kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (292kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (153kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (293kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Foto Peristiwa terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMPN 3 Kedungwaru” yang ditulis oleh Laili Zahrotul Magfiroh, NIM 126210213118, dengan pembimbing Bagus Wahyu Setyawan, M.Pd. Kata Kunci : Kemampuan Menulis, Media foto peristiwa ,Teks Deskripsi Kemampuan menulis sangat penting dalam proses pendidikan. Oleh karena itu, dalam pembelajaran perlu menggunakan media yang tepat untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa. Kendala yang dihadapi di SMPN 3 Kedungwaru adalah terbatasnya media pendukung, seperti tidak tersedianya LCD di semua kelas, sehingga berdampak pada rendahnya nilai menulis teks deskripsi siswa. Untuk mengatasi hal tersebut, salah satu media alternatif yang dapat digunakan adalah media foto peristiwa untuk meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi siswa. Penelitian ini diharapkan mampu memberi sumbangsih keilmuan tentang mengetahui pengaruh penggunaan media foto peristiwa terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII di SMPN 3 Kedungwaru. Metode penelitian yang digunakan ialah pendekatan kuantitatif dengan jenis Quasi Experimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Desain ini dipilih karena untuk membandingkan pengaruh penggunan media foto peristiwa terhadap kemampuan menulis teks deskripsi dengan tidak melakukan pengacakan terhadap populasi. Populasi yang digunakan adalah seluruh kelas VII SMPN 3 Kedungwaru. Sampel yang digunakan ada 2 yaitu kelas VII-F sebanyak 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-E sebanyak 28 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan diuji dengan uji statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Hasil penelitian ini, menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media foto peristiwa terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII di SMPN 3 Kedungwaru. Hal ini dibuktikan oleh hasil analisis data nilai pretest dan postest pada kelas kontrol dan kelas eksperimen dari uji hipotesis menggunakan uji Independent Sampel T-Test diperoleh nilai sig. (-2Tailed) sebesar 0,000 dan thitung -3,947 dengan kriteria pengambilan keputusan nilai sig.<0,05, dan thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sampel yang digunakan pada penelitian ini, sebanyak 56 maka 0,000 < 0,05, dan nilai thitung 3,947 > ttabel 1,67356, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media foto peristiwa berpengaruh terhadap kemapuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMPN 3 Kedungwaru.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 126210213118 LAILI ZAHROTUL MAGFIROH
Date Deposited: 18 Nov 2025 02:10
Last Modified: 18 Nov 2025 02:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64132

Actions (login required)

View Item View Item