PENGARUH PEMBELAJARAN IPS DENGAN STRATEGI THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS VIII SMPN 3 SRENGAT KABUPATEN BLITAR

SOFI AYU NUR MARTASARI, 126209212089 and NUR ISROATUL KHUSNA, 198703262019032018 (2025) PENGARUH PEMBELAJARAN IPS DENGAN STRATEGI THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS VIII SMPN 3 SRENGAT KABUPATEN BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (845kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (707kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang dari keadaan siswa yang ketika pembelajaran kurang semangat dan cenderung pasif. Siswa menganggap kurangnya model pelajaran yang tepat dapat mempengaruhi pembelajaran IPS, sehingga keaktifan siswa rendah. Keaktifan siswa yang rendah ini akan berpengaruh pada kemampuan kognitif siswa. Siswa cenderung pasif sehingga kemampuan kognitif yang didapat kurang memuaskan. Upaya yang dapat dilakukan dengan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dengan menggunakan strategi pembelajaran think talk write. Strategi pembelajaran think talk write menjadikan siswa aktif dan lebih semangat sehingga mendapatkan nilai kemampuan kognitif yang memuaskan. Penggunaan strategi pembelajaran think talk write ini dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan keaktifan siswa, Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh pembelajaran IPS dengan strategi Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan kognitif siswa kelas VIII SMPN 3 Srengat Kabupaten Blitar? (2) Adakah pengaruh pembelajaran IPS dengan strategi Think Talk Write (TTW) terhadap keaktifan siswa siswa kelas VIII SMPN 3 Srengat Kabupaten Blitar? (3) Adakah pengaruh pembelajaran IPS dengan strategi Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan kognitif dan keaktifan siswa siswa kelas VIII SMPN 3 Srengat Kabupaten Blitar?. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui adakah pengaruh pembelajaran IPS dengan strategi Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan kognitif siswa kelas VIII SMPN 3 Srengat Kabupaten Blitar. (2) Untuk mengetahui adakah pengaruh pembelajaran IPS dengan strategi Think Talk Write (TTW) terhadap keaktifan siswa siswa kelas VIII SMPN 3 Srengat Kabupaten Blitar. (3) Untuk mengetahui adakah pengaruh pembelajaran IPS dengan strategi Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan kognitif dan keaktifan siswa siswa kelas VIII SMPN 3 Srengat Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Quasy Experimental Design dan desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini semua siswa kelas VIII SMPN 3 Srengat Blitar. Sampel penelitian ini 29 siswa kelas kontrol dan 26 siswa kelas ekperimen. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan tes kemampuan kognitif dan keaktifan siswa. Analisis data pada pengujian hipotesis menggunakan uji Independent sampel T-Test dan Uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi think talk write berpengaruh terhadap kemampuan kognitif pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMPN 3 Srengat. Hal ini dibuktikan dari perolehan Nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka H₀ ditolak dan H₁ diterima. (2) Strategi think talk write berpengaruh terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMPN 3 Srengat. Hal ini dibuktikan dari perolehan Nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka H₀ ditolak dan H₁ diterima. (3) Strategi think talk write berpengaruh terhadap kemampuan kognitif dan keaktifan siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMPN 3 Srengat. Hal ini dibuktikan dari perolehan Nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka H₀ ditolak dan H₁ diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan > Peserta Didik
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 126209212089 SOFI AYU NUR MARTASARI
Date Deposited: 19 Nov 2025 07:54
Last Modified: 19 Nov 2025 07:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64178

Actions (login required)

View Item View Item