VIRDA KARTIKA SARI, 126204211076 and LINA MUAWANAH, 1991031620161080 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI SPLDV KELAS VIII MTS SWASTA DI KECAMATAN NGORO MOJOKERTO. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (749kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (723kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (423kB) |
|
|
Text
BAB ll.pdf Restricted to Registered users only Download (792kB) |
|
|
Text
BAB lll.pdf Restricted to Registered users only Download (595kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (791kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (671kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (495kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (502kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN - LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi SPLDV Kelas VIII MTs Swasta di Kecamatan Ngoro Mojokerto” ini ditulis oleh Virda Kartika Sari, NIM. 126204211076, dengan pembimbing Lina Muawanah, M. Pd. Kata Kunci: Problem Based Learning, Minat Belajar, Hasil Belajar, SPLDV, Pembelajaran Matematika. Pendidikan matematika merupakan bagian penting dalam membentuk kemampuan berpikir logis dan kritis siswa. Namun, kenyataannya minat dan hasil belajar siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di MTs Swasta di Kecamatan Ngoro Mojokerto masih rendah, yang disebabkan oleh metode pembelajaran yang cenderung konvensional dan kurang melibatkan siswa secara aktif. Untuk mengatasi hal ini, perlu diterapkan pendekatan pembelajaran yang inovatif dan relevan dengan kehidupan nyata siswa, seperti model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi SPLDV. Secara khusus, penelitian ini ingin melihat pengaruh PBL terhadap minat belajar, hasil belajar, serta gabungan dari keduanya dalam proses pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi-experimental berupa pretest-posttest control group design. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas VIII di MTs Swasta di Kecamatan Ngoro Mojokerto , yaitu kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dengan model PBL dan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan berupa angket untuk mengukur minat belajar siswa dan tes uraian untuk mengukur hasil belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis (uji t dan MANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan minat dan hasil belajar siswa. Siswa pada kelas eksperimen menunjukkan antusiasme yang lebih tinggi dalam mengikuti pembelajaran serta memperoleh hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol. PBL terbukti efektif dalam menciptakan suasana belajar yang aktif dan kontekstual, sehingga memudahkan siswa dalam memahami konsep SPLDV. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh positif terhadap minat dan hasil belajar siswa.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Matematika > Linear Matematika |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
| Depositing User: | 126204211076 VIRDA KARTIKA SARI |
| Date Deposited: | 21 Nov 2025 02:06 |
| Last Modified: | 21 Nov 2025 02:06 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64191 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
