HANA HANIFATUR ROSIDHAH, 126308212141 and NUR KHOLIS, 197103161998031002 (2025) PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN EFIKASI DIRI TERHADAP STRES AKADEMIK PADA SISWA SMPN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (838kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (226kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (126kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (168kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (368kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (490kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (434kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (14kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (324kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Belajar bisa diartikan sebagai proses pengembangan diri yang menghasilkan peningkatan kualitas perilaku seseorang, mulai dari penambahan wawasan, penguasaan keahlian, peningkatan daya berfikir, hingga perubahan sikap yang lebih baik. Akan tetapi ditemukan beberapa variasi dalam suatu pembelajaran berupa motivasi berprestasi, efikasi diri dan stres akademik.. Hal tersebut terlihat saat proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memahami pengaruh antara motivasi berprestasi dengan tingkat stres akademik pada siswa SMPN 2 Tulungagung, serta untuk mengetahui faktor-faktor yang memediasi atau mempengaruhi hubungan antara motivasi berprestasi dan stres akademik, serta memberikan wawasan tentang bagaimana siswa dapat mengelola motivasi berprestasi agar tidak berdampak negatif pada kesehatan mental mereka. Metode yang digunakan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik survei melalui kuesioner yang disebarkan kepada siswa. Sampel penelitian ini sebanyak 110 siswa SMPN 2 Tulungagung yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik regresi linier berganda menggunakan SPSS Versi 27 untuk melihat pengaruh motivasi berprestasi dan efikasi diri terhadap stress akademik siswa SMPN 2 Tulungagung. Tingkat motivasi berprestasi pada menelitian ini memiliki 3 kategori yaitu tinggi 17% (18 orang), kategori sedang 67% (68 orang) dan kategori rendah 18% (20 orang). Untuk tingkat efikasi diri juga memiliki 3 kategori yaitu tinggi 15% (16 orang), kategori sedang 67% (74 orang) dan kategori rendah 18% (20 orang). Kemudian tingkat stress akademik juga memiliki kategori yaitu tinggi 13% (14 orang) dan kategori sedang 73% (80 orang), dan rendah 14% (16 orang). Kemudian hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa motivasi berprestasi dan efikasi diri memiliki pengaruh terhadap stres akademik. Hal ini dibuktikan dengan Nilai sig. variabel X1 sebesar 0,001 (<0,05) maka berkesimpulan variabel X1 (motivais berprestasi) berpengaruh signifikan terhadap variabel Y.Dan nilai sig. variabel X2 sebesar 0,001 (<0,05) maka berkesimpulan variabel X2 (efikasi diri) berpengaruh signifikan terhadap variabel Y. Kata Kunci : motivasi berprestasi, efikasi diri, stres akademik, siswa SMPN 2 Tulungagung
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Pendidikan > Kesulitan Belajar Pendidikan Psikologi Psikologi > Psikologi pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Psikologi Islam |
| Depositing User: | 126308212141 HANA HANIFATUR ROSIDHAH |
| Date Deposited: | 25 Nov 2025 07:03 |
| Last Modified: | 25 Nov 2025 07:03 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64369 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
