NI'MATUL FATIMATUS ZAFIROH, 126204212131 and BENI ASYHAR, 198307052023211020 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTUAN GEOGEBRA BERBASIS ANDROID TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA KELAS XI SMK NEGERI 1 BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (290kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (167kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (306kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (439kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (427kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (175kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dikarenakan proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru sehingga siswa kurang aktif selama proses pembelajaran. Oleh karena itu dipilih model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan geogebra berbasis android. TPS merupakan model pembelajaran kooperatif yang menuntut keaktifan siswa untuk belajar. Selain itu TPS mengakibatkan keaktifan siswa secara langsung terbentuk dan siswa akan terdorong untuk melakukan proses berpikir baik secara individu maupun dengan kelompoknya. Model ini dibantu dengan media geogebra berbasis android sebagai alternatif media pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbantuan geogebra berbasis android terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas XI SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung; 2) mengetahui besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbantuan geogebra berbasis android terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas XI SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi experimental. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung. Dalam pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobabillity sampling dengan jenis purposive sampling, dengan kelas XI TKJ 4 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 33 siswa dan kelas XI TEI 3 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji independent sampel T-Test. Sedangkan untuk mengetahui besar pengaruh menggunakan uji effect size. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbantuan geogebra berbasis android terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas XI SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung. Hal ini berdasarkan perhitungan posttest pada uji t diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,017, dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterma.; 2) Besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbantuan geogebra berbasis android terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas XI SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung adalah 0,6 yang artinya rata-rata siswa kelas eksperimen berada di 73% lebih baik dibandingkan kelas kontrol, yang mana dalam tabel nilai cohen’s d yang diperoleh tergolong sedang.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Matematika > Geometri Matematika Pendidikan > Metode Pembelajaran |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
| Depositing User: | 126204212131 NI'MATUL FATIMATUS ZAFIROH |
| Date Deposited: | 03 Dec 2025 01:50 |
| Last Modified: | 03 Dec 2025 01:50 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64551 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
