FENNI YUNIASARI, 1755154018 (2017) Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA (Studi Multi Situs di MIN Pandansari dan MI Al-Ifadah Kaliwungu Ngunut Tulungagung). [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (678kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (345kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (430kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (243kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (232kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Tesis dengan judul “Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA (Studi Multi Situs di MIN Pandansari dan MI Al-Ifadah Kaliwungu Ngunut Tulungagung)” ini ditulis oleh Fenni Yuniasari dengan dibimbing oleh Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag. dan Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I Kata Kunci: Implementasi, model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, motivasi belajar, peserta didik. Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena di mana dalam proses pembelajaran di kelas, motivasi belajar peserta didik sering kali tidak diperhatikan oleh guru. Padahal motivasi belajar adalah salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Semakin tinggi motivasi belajar peserta didik maka hasil belajarnya juga akan baik. Oleh karena itu, guru perlu membuat inovasi baru dalam pembelajaran di kelas supaya dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Cara yang dapat dilakukan guru adalah dengan memilih model pembelajaran di kelas yang dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik adalah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw karena di dalamnya mengajarkan peserta didik untuk bertanggung jawab dan kerja keras dalam tugas-tugas yang didapatkan. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw ini dapat digunakan sebagai salah satu sarana untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di kelas supaya hasil belajar yang didapatkan juga akan baik. Pertanyaan penelitian dalam tesis ini adalah: (1) Bagaimana konsep model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran IPA kelas V tahun pelajaran 2016/2017 di MIN Pandansari dan MI Al-Ifadah Kaliwungu Ngunut Tulungagung?, (2) Bagaimana bentuk pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran IPA kelas V tahun pelajaran 2016/2017 di MIN Pandansari dan MI Al-Ifadah Kaliwungu Ngunut Tulungagung?, (3) Bagaimana motivasi belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran IPA kelas V tahun pelajaran 2016/2017 di MIN Pandansari dan MI Al-Ifadah Kaliwungu Ngunut Tulungagung? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan dan memahami: (1) Konsep model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran IPA kelas V tahun pelajaran 2016/2017 di MIN Pandansari dan MI Al-Ifadah Kaliwungu Ngunut Tulungagung, (2) Bentuk pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran IPA kelas V tahun pelajaran 2016/2017 di MIN Pandansari dan MI Al-Ifadah Kaliwungu Ngunut Tulungagung, (3) Motivasi belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran IPA kelas V tahun pelajaran 2016/2017 di MIN Pandansari dan MI Al-Ifadah Kaliwungu Ngunut Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis multi situs, lokasinya di MIN Pandansari dan MI Al-Ifadah Kaliwungu Ngunut Tulungagung. Data dan sumber data: 1. Primer: kepala sekolah, guru, dan peserta didik; 2. Sekunder: dokumentasi, serta arsip-arsip. Pengumpulan data penelitian ini dengan observasi partisipan, wawancara mendalam serta teknik dokumentasi. Pengecekan data kembali dengan triangulasi, perpanjangan kehadiran, dan diskusi teman sejawat. Untuk analisis data, peneliti mengumpulkan data kemudian reduksi data, penyajian data selanjutnya menarik kesimpulan. Hasil penelitian: (1) Model pembelajaran kooperatif merupakan model pembelajaran dengan menggunakan sistem pengelompokan atau tim kecil, yaitu antara empat sampai enam orang yang mempunyai latar belakang kemampuan akademik, jenis kelamin yang berbeda. Sistem penilaian dilakukan secara berkelompok. Setiap kelompok akan mendapat penghargaan jika kelompok mampu menunjukkan prestasi yang dipersyaratkan, (2) Bentuk pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw melalui beberapa tahap yaitu: pembagian kelompok awal, pembagian materi, pembentukan kelompok ahli, diskusi kelompok ahli, diskusi kelompok awal, diskusi kelas, evaluasi, pemberian penghargaan, dan (3) Motivasi belajar peserta didik dapat dilihat dari beberapa indikator yang ditemukan: kerja keras terhadap kesulitan, minat terhadap tugas-tugas, menyelesaikan tugas secara mandiri, bertanya kepada guru, sikap bersaing yang positif antar kelompok.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam |
Depositing User: | 1755154018 FENNI YUNIASARI |
Date Deposited: | 15 Nov 2017 02:11 |
Last Modified: | 15 Nov 2017 02:11 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6456 |
Actions (login required)
View Item |