PENGARUH DAKWAH MODERN MEDIA SOSIAL TIKTOK DAN INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP MORAL SISWA MA NEGERI SE-KABUPATEN TULUNGAGUNG

UMI MAHDYYAH NABILA, 1880506230029 and PRIM MASROKAN MUTOHAR, 197206082002121001 and LUK-LUK NUR MUFIDAH, 197903192003122002 (2025) PENGARUH DAKWAH MODERN MEDIA SOSIAL TIKTOK DAN INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP MORAL SISWA MA NEGERI SE-KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Thesis ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (730kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (332kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (223kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (288kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (208kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tesis dengan judul “Pengaruh Dakwah Modern di Media Sosial TikTok dan Internalisasi Nilai Pendidikan Agama Islam terhadap Moral Siswa MA Negeri se-Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Umi Mahdyyah Nabila atas bimbingan Prof. Dr. Prim Masrokan Mutohar, M.Pd. dan Dr. Luk Luk Nur Mufidah, M.Pd.I. Kata Kunci: Dakwah Modern, Internalisasi Nilai PAI, dan Moral Penelitian ini dilatarbelakangi oleh degradasi moral yang terjadi pada generasi muda di Indonesia menjadi persoalan serius yang perlu ditangani secara komprehensif. Salah satu penyebab utama penurunan moral ini adalah rendahnya pemahaman terhadap nilai-nilai agama. Di sisi lain, kemajuan teknologi dan perkembangan media sosial seperti TikTok turut memberikan dampak signifikan terhadap perilaku generasi muda, baik positif maupun negatif. Meskipun TikTok sering dikritik karena kontennya yang kurang mendidik, platform ini juga berpotensi besar digunakan sebagai media dakwah yang inovatif dan dekat dengan kehidupan remaja. Dakwah modern yang dikemas secara menarik dan sesuai dengan tren kekinian terbukti lebih mudah diterima oleh generasi muda. Oleh karena itu, penting untuk mengkaji secara empiris bagaimana pengaruh dakwah modern melalui TikTok dan internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam terhadap moral peserta didik, khususnya di lingkungan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) se-Kabupaten Tulungagung. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) seberapa baik dakwah modern di media sosial TikTok ? 2) seberapa baik internalisasi nilai PAI di MAN se-Kabupaten Tulungagung? 3) seberapa baik moral siswa MAN se-Kabupaten Tulungagung? 4) apakah terdapat pengaruh dakwah modern di media sosial TikTok terhadap moral siswa MAN se-Kabupaten Tulungagung? 5) apakah terdapat pengaruh internalisasi nilai PAI terhadap moral siswa MAN se-Kabupaten Tulungagung dan 6) apakah terdapat pengaruh dakwah modern di media sosial TikTok dan internalisasi nilai PAI terhadap moral siswa MAN se-Kabupaten Tulungagung. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional dengan teknik analisis regresi linear berganda melalui aplikasi SPSS. Sampel diambil secara purposive sampling dari seluruh siswa MAN se-Kabupaten Tulungagung. Pengambilan data menggunakan kuesioner. Hasil dari penelitian adalah dakwah modern di media sosial TikTok, internalisasi nilai PAI dan moral pada siswa MAN se-Kabupaten Tulungagung dalam kondisi “baik”. Berdasarkan hasil uji hipotesis dakwah modern di media sosial TikTok terhadap moral siswa MAN se-Kabupaten Tulungagung memiliki pengaruh yang ditunjukkan oleh nilai signifikansi sebesar 0,000 (p = 0,000 < 0,05). Selanjutnya berdasarkan hasil uji hipotesis internalisasi nilai PAI terhadap moral siswa MAN se-Kabupaten Tulungagung memiliki pengaruh yang ditunjukkan oleh nilai signifikansi sebesar 0,000 (p = 0,000 < 0,05). Selanjutnya berdasarkan hasil uji hipotesis dakwah modern di media sosial TikTok dan internalisasi nilai PAI terhadap moral siswa MAN se-Kabupaten Tulungagung memiliki pengaruh yang ditunjukkan oleh nilai signifikansi sebesar 0,000 (p = 0,000 < 0,05).

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Media Sosial
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1880506230029 UMI MAHDYYAH NABILA
Date Deposited: 11 Dec 2025 03:58
Last Modified: 11 Dec 2025 03:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64926

Actions (login required)

View Item View Item