PENGARUH PENGGUNAAN METODE CERAMAH DAN DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PESERTA DIDIK DI MAN 1 BLITAR

ROUDLOTUSSA'ADAH, 126201212150 and HAWWIN MUZAKKI, 198903082020121009 (2025) PENGARUH PENGGUNAAN METODE CERAMAH DAN DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PESERTA DIDIK DI MAN 1 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (696kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (144kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (378kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (446kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (799kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (244kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh penggunaan metode ceramah dan diskusi terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam Peserta didik di MAN 1 Blitar” ini ditulis oleh Roudlotussa’adah, NIM. 126201212150, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Skripsi: Hawwin Muzakki M.Pd.I. Kata Kunci: Metode Ceramah, Metode Diskusi, Perbedaan Signifikan, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh antusias peserta didik dalam menerima metode pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang terkadang naik, kadang turun. Penyampaian metode yang kurang menyenangkan dan interaksi yang kurang intensif antara guru serta peserta didik cenderung membuat kurang semangat dan pasif. Hal ini tentunya berdampak terhadap hasil belajar kognitif peserta didik. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah antara penggunaan metode ceramah dan diskusi terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam peserta didik di MAN 1 Blitar, serta ingin melihat keefektifan kedua metode tersebut pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan islam di MAN 1 Blitar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh penggunaan metode ceramah terhadap hasil belajar SKI peserta didik di MAN 1 Blitar? (2) Apakah ada pengaruh antara penggunaan metode diskusi terhadap hasil belajar SKI peserta didik di MAN 1 Blitar? (3) Apakah ada perbedaan signifikan antara hasil belajar SKI peserta didik yang menggunakan metode ceramah dan diskusi di MAN 1 Blitar? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode ceramah dan diskusi terhadap hasil belajar SKI, serta untuk mengetahui perbedaan signifikan antara hasil belajar SKI peserta didik yang menggunakan metode ceramah dan diskusi di MAN 1 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Quasy Experimental Design dan menggunakan Desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X di MAN 1 Blitar. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah 34 siswa kelas perlakuan metode ceramah dan 35 siswa kelas perlakuan metode diskusi. Untuk Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan uji sampel paired t test dan independent t test dengan bantuan aplikasi SPSS for windows versi 25. Hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) Ada pengaruh positif penggunaan metode ceramah terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam peserta didik di MAN 1 Blitar. Dengan hasil nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung (13,414) > t tabel 2,035. (2) Ada pengaruh positif penggunaan metode diskusi terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam peserta didik di MAN 1 Blitar. Dengan hasil nilai sig. 0,000 < 0,05 dan t hitung (15,998) > t tabel 2,035 (3) Tidak terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar sejarah kebudayaan islam peserta didik yang menggunakan metode ceramah dan disksusi di MAN 1 Blitar. Dengan hasil nilai t hitung (1,075) < t tabel (2,035) dan nilai sig. 0,286 > 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201212150 ROUDLOTUSSA'ADAH
Date Deposited: 15 Dec 2025 01:36
Last Modified: 15 Dec 2025 01:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64995

Actions (login required)

View Item View Item