NANDA HANIK KARRINA, 126210211026 and RAHMAWATI MULYANINGTYAS, 198906122020122012 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MEMBACA TEKS BIOGRAFI BERBASIS PLATFORM ODOO UNTUK SISWA KELAS X SMAN 1 BOYOLANGU. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (783kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (174kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (94kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (384kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (597kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (118kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (162kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pembelajaran membaca teks biografi dapat memberikan siswa teladan dan motivasi untuk meraih kesuksesan di masa depan. Namun, berdasarkan kondisi lapangan tingkat literasi membaca siswa masih terbilang kurang. Oleh karena itu, perlu adanya pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi digital untuk memfasilitasi siswa dalam pembelajaran membaca teks biografi. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pengembangan produk media pembelajaran membaca teks biografi berbasis platform Odoo untuk siswa kelas X SMAN 1 Boyolangu dan (2) mendeskripsikan uji kelayakan media pembelajaran membaca teks biografi berbasis platform Odoo untuk siswa kelas X SMAN 1 Boyolangu. Adapun metode pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah metode research and development (R&D) dengan mengadopsi model ADDIE. Tahap pengembangan yang dilakukan terdiri dari lima tahapan sesuai dengan model yang digunakan, yaitu (1) analisis kebutuhan, (2) desain produk awal, (3) pengembangan produk, (4) implementasi produk berupa uji coba terbatas, dan (5) evaluasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas data kualitatif dan data kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang terdiri atas reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Selain itu, penelitian ini juga mengunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan memanfaatkan rumus P = f/n x 100% untuk menghitung persentase kelayakan berdasarkan skor yang diperoleh. Hasil dari penelitian ini adalah (1) media pembelajaran membaca teks biografi berbasis platform Odoo dan (2) media pembelajaran tersebut dinyatakan sangat layak sesuai dengan hasil validasi oleh ahli materi, ahli media, guru praktisi, siswa kelas X SMAN 1 Boyolangu, serta terbukti dapat membantu siswa dalam mengasah keterampilan membaca dengan ketuntasan tujuan pembelajaran. Persentase kelayakan yang diperoleh dari ahli materi sebesar 100%, persentase kelayakan yang diperoleh dari ahli media sebesar 98%, persentase kelayakan yang diperoleh dari guru praktisi sebesar 98%, dan persentase kelayakan yang diperoleh dari siswa uji coba terbatas sebesar 96%. Adapun ketercapaian tujuan pembelajaran mencapai angka 92,5%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran membaca teks biografi berbasis platform Odoo untuk siswa kelas X dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran di kelas.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
| Depositing User: | 126210211026 NANDA HANIK KARRINA |
| Date Deposited: | 16 Dec 2025 06:51 |
| Last Modified: | 16 Dec 2025 06:51 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/65103 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
