PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS BOOKCREATOR DAN EDUCAPLAY PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS IV MI FATTAKHUL IRSYAD TANJUNGANOM NGANJUK

ADINDA AYU MAGHFIRA, 126205201026 and ADI WIJAYANTO, 198110072014031002 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS BOOKCREATOR DAN EDUCAPLAY PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS IV MI FATTAKHUL IRSYAD TANJUNGANOM NGANJUK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (652kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (419kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (474kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (727kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (441kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Bookcreator dan Educaplay pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas IV MI Fattakhul Irsyad Tanjunganom Nganjuk” ini ditulis oleh Adinda Ayu Maghfira, NIM. 126205201026, dengan pembimbing Dr. Adi Wijayanto, M.Pd. Kata kunci: Media Pembelajaran, Evaluasi Pembelajaran, Bookcreator, Educaplay Media pembelajaran berbasis Bookcreator dan Educaplay merupakan media buku pembelajaran dan alat evauasi pembelajaran yang dikemas dalam bentuk digital yang dapat diakses pada perangkat elektronik secara online. Media pembelajaran berbasis Bookcreator berisi materi yang dikemas secara ringkas dan menarik berupa vidio, gambar audio, dan evaluasi pembelajaran menggunakan Educaplay dengan instruksi yang jelas. Media pembelajaran ini diunggah pada aplikasi Bookcreator. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisa kebutuhan dan mendesain media dan alat evaluasi pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Inggris kelas IV di MI Fattakhul Irsyad Tanjunganom Nganjuk, (2) mendeskripsikan proses pengembangan media dan alat evaluasi pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Inggris kelas IV, (3) dan mengetahui implementasi serta efektivitas media danalat evaluasi pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Inggris kelas IV di MI Fattakhul Irsyad Tanjunganom Nganjuk. Pendekatan dalam skripsi ini menggunakan metode R&D (Research and Development) yang menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu analisis (analysys), perencanaan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan prosedur pengembangan media dan alat evaluasi pembelajaran diawali dengan analisis kebutuhan. Kedua, yaitu perencanaan dengan menentukan desain awal. Ketiga, pengembangan dengan menghasilkan produk. Keempat, yaitu implementasi dengan menguji efektivitas produk yang dikembangkan. Kualitas produk mendapatkan persentase rata rata 86,9% dari para validator media, materi, dan soal. Tingkat efektivitas dengan perolehan nilai sig (2-tailed) yang diperoleh adalah kurang dari 0,05 tepatnya 0,000<0,05 hasil uji statistik ini memberikan bukti bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis Bookcreator dan Educaplay ini efektif dan layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Bahan Ajar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205201026 ADINDA AYU MAGHFIRA
Date Deposited: 16 Dec 2025 08:00
Last Modified: 16 Dec 2025 08:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/65122

Actions (login required)

View Item View Item