STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PADA ANAK USIA 4 – 6 TAHUN DI TK HIDAYATUL MUTA’ALLIMIN BABAT LAMONGAN

AFNIA AZZAHRA, 126206202026 (2024) STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PADA ANAK USIA 4 – 6 TAHUN DI TK HIDAYATUL MUTA’ALLIMIN BABAT LAMONGAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (210kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (584kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (682kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (996kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (706kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (342kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan Judul “Strategi Guru Dalam Menanamkan Karakter Tanggung Jawab Pada Anak Usia 4 – 6 Tahun Di Tk Hidayatul Muta’allimin Babat Lamongan.”Ini Ditulis Oleh Afnia Azzahra, NIM. 126206202026, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Dr. Musrikah, S.Pd.I, M.Pd. Kata Kunci: Strategi guru, karakter tanggung jawab Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang ditemui di lingkungan sekolah yaitu perilaku yang mencerminkan tanggung jawab pada diri anak didik. Sebagai contoh memakai seragam sekolah dengan lengkap, datang tepat waktu, membuang sampah pada tempatnya, mengerjakan tugas dengan baik. Tentunya ada peran guru dibalik semua sikap yang mencerminkan tanggung jawab peserta didik. Guru menggunakan strategi untuk menumbuhkan sikap tanggung jawab pada diri anak didik dengan menerapkan strategi dalam pembelajaran. Dengan demikian, melalui pembelajaran diharapkan sikap tanggung jawab peserta didik dapat terbentuk menjadi pribadi yang berbudi pekerti luhur dan bermartabat. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Strategi Ekspositori Yang Dilakukan Guru Dalam Menanamkan Karakter Tanggung Jawab Pada Anak Usia Dini Di TK Hidayatul Muta’allimin Babat Lamongan? 2) Bagaimana Strategi Individual Yang Dilakukan Guru Dalam Menanamkan Karakter Tanggung Jawab Pada Anak Usia Dini Di TK Hidayatul Muta’allimin Babat Lamongan? 3) Bagaimana Strategi Kelompok Yang Dilakukan Guru Dalam Menanmkan Karakter Tanggung Jawab Pada Anak Usia Dini Di Tk Hidayatul Muta’allimin Babat Lamongan? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan, pengamatan dan triangulasi. Hasilnya menunjukkan bahwa pendekatan ini efektif dalam membentuk karakter tanggung jawab anak. Melalui kombinasi keteladanan, pembiasaan, dan metode interaktif, anak-anak belajar bertanggung jawab terhadap diri sendiri, lingkungan, dan orang lain. Strategi ini menciptakan lingkungan pendidikan yang kondusif dan mendukung perkembangan karakter positif anak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 126206202026 AFNIA AZZAHRA
Date Deposited: 19 Dec 2025 03:53
Last Modified: 19 Dec 2025 03:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/65223

Actions (login required)

View Item View Item