تطوير الوسائل التعليم بالكتب المشكة لتحسين نتائج مهارة الكلام اللغة العربية لطلاب الصف الثالث في المدرسة المتوسطة الاسلامية الحكومية ٢ بليتار

SITI HALIMA AFNIATUS SA'DIA, 1880504230010 and IMAM FU'ADI, 196903311994031002 and LUK-LUK NUR MUFIDAH, 197903192003122002 (2025) تطوير الوسائل التعليم بالكتب المشكة لتحسين نتائج مهارة الكلام اللغة العربية لطلاب الصف الثالث في المدرسة المتوسطة الاسلامية الحكومية ٢ بليتار. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (543kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (246kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (389kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (277kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tesis dengan judul “Pengembangan media pembelajaran pop up book untuk meningkatkan hasil belajar ketrampilan berbicara pada kelas 3 di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Blitar” ini ditulis oleh Siti Halima Afniatus Sa’dia, NIM: 1880504230010, prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Agama Islam Negeri (UIN) Tulungagung Tahun 2025, pembimbing 1: Prof. Dr. Imam Fuadi, M.Ag. pembimbing 2: Dr. Lukluk nur mufidah, M.Pd.I. Kata Kunci:pengembangan, media pembelajaran, pop up book, Keterampilan Berbicara. Latar Belakang: Pembelajaran bahasa arab di tingkat Madrasah Tsanawiyah mengalami banyak masalah. Hal ini dikarenakan pembelajaran monoton, maka sangat penting adanya media pembelajaran untuk memodifikasi pembelajaran. Rumusan Masalah: 1) Bagaimana Proses pengembangan media Pembelajaran pop up book untuk meningkatkan hasil belajar Maharoh Kalam Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Blitar? 2) Bagaimana efektivitas pengembangan media Pembelajaran pop up book untuk meningkatkan hasil belajar Maharoh Kalam Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Blitar?,3) Bagaimana kelayakan pengembangan media Pembelajaran pop up book untuk meningkatkan hasil belajar Maharoh Kalam Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Blitar? Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode R&D. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yakni penelitian yang memiliki tujuan untuk memahami fenomena yang ada pada objek secara alami dan membuat suatu produk dan di uji coba kepada siswa Metode pengumpulan data dilakukan dengan analisis, perencanaan, desaign, implementasi dan evaluasi. Hasil Penelitian: 1). Proses pengembangan media pembelajaran pop up book pada materi fenomena alam dapat menarik perhatian siswa sehingga bisa menimbulkan semangat belajar dalam diri siswa kelas 9 Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 blitar, yang menggunakan model ADDIE, yang memiliki 5 tahapan yaitu: analisis masalah dan analisis kebutuhan. Design meliputi langkah-langkah pembuatan media. Development meliputi validasi ahli media dan ahli materi yang memperoleh skor yaitu dari ahli media diperoleh skor 91% dan dari ahi materi diperoleh skor 93% dengan kriteria Sangat Layak untuk digunakan, serta revision produk terhadap saran dan komentar yang diberikan. (Implementation) pengisian lembar penilaian angket respon terhadap media pembelajaran pop up book pada guru mata Pelajaran Bahasa arab dan memperoleh skor 96%.(Evaluation) meliputi hasil analisis kelayakan untuk memperoleh hasil dan kualitas media yang sangat layak. 2. keefektifan pengembangan media pembelajaran pop up book pada materi fenomena alam, dapat di ukur dengan uji coba produk dengan siswa yang Dimana peneliti uji coba dalam skala kecil, yaitu kelas eskperimen dan kelas kontol yang masing-masing di isi 12 siswa. Yang Dimana kelas eskperimen pembelajaran menggunakan pop up book akan tetapi kelas control hanya menggunakan lembar kerja siswa. Dan hasil skor yang di peroleh oleh kelas eksperimen dengan menggunakan rumus nilai-gain adalah 0,88 yang Dimana pop up book dinyatakan efektif untuk media pembelajaran. 3. kelayakan pengembangan media pembelajaran pop up book pada materi fenomena alam, pada kelayakan ini peneliti tetap melibatkan ahli media dan ahli materi dengan saran dan masukan dari mereka untuk memperbaiki profuk menjadi berkualitas dan skor yang di dapat dari ahli materi dan ahli media dam respon guru dengan rata-rata 93% yang Dimana dinyatakan pop up book layak digunakan untuk media pembelajaran Bahasa arab.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab
Bahasa Dan Sastra > Literasi
Penelitian Dosen
Bahasa Dan Sastra > Speaking
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: 1880504230010 SITI HALIMA AFNIATUS SADIA
Date Deposited: 22 Dec 2025 06:47
Last Modified: 22 Dec 2025 06:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/65274

Actions (login required)

View Item View Item