PENGEMBANGAN E-MODUL BERDIFERENSIASI UNTUK MELATIH KEMAMPUAN LITERASI SAINS PADA MATERI IKATAN KIMIA

AMELIA RISKA MAHMUDA, 126212211003 and IVAN ASHIF ARDHANA, 199212082019031011 (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL BERDIFERENSIASI UNTUK MELATIH KEMAMPUAN LITERASI SAINS PADA MATERI IKATAN KIMIA. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (491kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (259kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (310kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan E-Modul Berdiferensiasi Untuk Melatih Kemampuan Literasi Sains pada Materi Ikatan Kimia” ini ditulis oleh Amelia Riska Mahmuda, NIM. 126212211003, dengan pembimbing Ivan Ashif Ardhana, M.Pd. Kata Kunci: Modul Elektronik (E–Modul), Pembelajaran berdiferensiasi, Literasi Sains, Ikatan Kimia Rendahnya kualitas literasi sains di sekolah disebabkan oleh media pembelajaran yang belum mampu mengembangkan pemahaman konsep secara mendalam, aplikatif, dankontekstual. Materi ikatan kimia yang bersifat abstrak dan konseptual menuntut kemampuan menghubungkan konsep dengan fenomena sekitar. Oleh karena itu, diperlukan inovasi pembelajaran yang menyesuaikan dengan kebutuhan dan gaya belajar peserta didik. Pendekatan berdiferensiasi menjadi solusi yang relevan, sedangkan e-modul menawarkan fleksibilitas dan interaktivitas sebagai media pembelajaran. Pengembangan e-modul berdiferensiasi berdasarkan gaya belajar pada materi ikatan kimia menjadi penting untuk melatih literasi sains serta mendukung pembelajaran yang bermakna dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengembangan e-modul berdiferensiasi untuk melatih kemampuan literasi sains pada materi ikatan kimia (2) mengetahui kelayakan e-modul berdiferensiasi untuk melatih kemampuan literasi sains pada materi ikatan kimia (3) mengetahui respon peserta didik terhadap e-modul berdiferensiasi untuk melatih kemampuan literasi sains pada materi ikatan kimia. Metode penelitian dalam skripsi menggunakan R & D (Research and Development) atau penelitian dan pengembangan dengan menggunakan menggunakan model penelitian dan pengembangan 4D (four D model) dari Thiagarajan yang telah dimodifikasi menjadi 3D yaitu tahap define (pendefinisian) design (perancangan), dan develop (penyebaran). Instrumen penelitian yang digunakan meliputi pedoman wawancara dan analisis karakteristik untuk analisis kebutuhan pengembangan produk, lembar validasi digunakan untuk menguji kevalidan produk oleh dosen dan guru kimia, sedangkan angket respon digunakan untuk mengetahui tanggapan siswa kelas XI-1 terhadap produk pengembangan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil Penelitian ini dapat diuraikan: (1) e-modul telah berhasil dikembangkan menggunakan model pengembangan 4D dengan tahapan define, design, development dan disseminate, namun pada penelitian hanya terbatas pada tiga tahap yaitu tahap define (tahap pendefinisian), tahap design (tahap pengembangan) karena keterbatasan waktu dan biaya. (2) hasil validasi materi mendapatkan persentase nilai rata-rata sebesar 94% dengan kategori sangat layak. Sedangkan hasil validasi ahli media mendapatkan persentase sebesar 94% dengan kategori sangat layak. (3) hasil uji respon siswa terhadap e-modul berdiferensiasi untuk melatih kemampuan literasi sains pada materi ikatan kimia memperoleh persentase 84% dengan kategori sangat baik. Aspek literasi yang diukur menggunakan angket respon siswa pada poin 5 memperoleh persentase sebesar 86% sehingga e-modul berdiferensiasi untuk melatih kemampuan literasi sains pada materi ikatan kimia ini mampu melatih kemampuan literasi sains siswa dan dikategorikan sangat baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia > Atom
Pendidikan > Bahan Ajar
Kimia
Kimia > Molekul Kimia
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 126212211003 AMELIA RISKA MAHMUDA
Date Deposited: 22 Dec 2025 07:16
Last Modified: 22 Dec 2025 07:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/65283

Actions (login required)

View Item View Item