Muhamad Makinudin, 1751154029 (2017) STRATEGI PENGELOLAAN GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN (Studi Multi Sistus di MI Perwanida Kota Blitar dan MI 6 Tahun Tambakboyo Kab Blitar). [ Thesis ]
|
Text
Cover.pdf Download (340kB) | Preview |
|
Text
Abstrak.pdf Download (98kB) |
||
Text
Daftar isi.pdf Download (12kB) |
||
Text
Bab I.pdf Download (110kB) |
||
Text
Bab II.pdf Download (311kB) |
||
|
Text
Bab III.pdf Download (270kB) | Preview |
|
|
Text
Bab IV.pdf Download (783kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (90kB) | Preview |
|
Text
Daftar pustaka.pdf Download (85kB) |
Abstract
Muhamad Makinudin, 2017, Strategi pengelolaan guru kelas dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran, Studi Multi situs di MI Perwanida kota Blitar dan MI 6 Tahun Tambakboyo Kabupaten Blitar. Tesis Program Pascasarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Dosen Pembimbing I: Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M.Ag; DosenPembimbing II: Dr. H. Abd Aziz, M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi, Pengelolaan Guru Kelas, Efektifitas pembelajaran. Pembelajaran merupakan proses interaksi antara seorang guru dan siswa. Pada proses interaksi tersebut ada sebuah tujuan yang di persiapkan oleh guru seperti amanat yang telah tertulis pada kurikulum. Diantaranya yakni memberikan pembelajaran yang sesuai dengan tingkat kemampuan dan tuntutan kebutuhan. Interaksi tersebut tidak selalu mencapai sebuah keberhasilan. Keberhasilan dapat diketahui dari efektivitas pembelajaran itu sendiri. Pembaharuan dunia pendidikan saat ini memberikan pengaruh besar terhadap persiapan dan cara mengajar seorang guru serta mempengaruhi persiapan dan kondisi belajar siswa di kelas, metode mengajar yang berbeda memberikan pengaruh terhadap suasana belajar di dalam kelas. Oleh karena itu guru perlu terampil dalam mengelola kelas. Berkenaan dengan hal tersebut penelitian ini difokuskan kepada : (1) Bagaimana Strategi pengelolaan lingkungan belajar dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran MI Perwanida dan MI 6 Tahun Tambakboyo?. (2) Bagaimana Strategi pengelolaan pengajaran dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran di MI Perwanida dan MI 6 Tahun Tambakboyo?. (3) Bagaimana Strategi guru memberikan motivasi kepada siswa dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran MI Perwanida dan MI 6 Tahun Tambakboyo?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, bentuk penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dimana pada penelitian ini mendeskripsikan tentang strategi pengeloolaan guru kelas dalam meningkatkatkan efektifitas pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan desain multi situs. Analisis data yang dilakukan secara induktif, dimulai dari data empiris/data penelitian dari masing-masing situs. Analisa yang digunakan berdasarkan teori miles and huberman, dimana dalam data yang terkumpul dilakukan pengelompokkan data kemudian dilakukan penyajian data setelah itu baru dilakukan verivikasi atau penarikan kesimpulan, setelah semua situs telah teramati peneliti melakukan analisis lintas situs dan muaranya pada temuan penelitian. Pada penelitian ini dapat disimpulkan nahwa: 1) Strategi pengelolaan lingkungan belajar dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran adalah dengan melalui: (a) Strategi pengelolaan lingkungan direncanakan pada perangkat pembelajaran yang menyesuaaikan karakteristik materi dan siswa. (b) Strategi pengelolaan lingkungan dengan pemenuhan sarana prasarana serta melibatkan siswa untuk melengkapi kebutuhan pembelajaran, (c) Pengelolaan lingkungan fisik dengan penataan bangku siswa, (d) Pengelolaan lingkungan sosial dengan membuat kelompok secara heterogen. 2) Strategi pengelolaan pengajaran dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran adalah dengan melalui: (a) Strategi pengelolaan pengajaran pada setiap kelas dibuat berbeda, (b) Strategi pengelolaan pengajaran yang berfariasi misalnya dengan tanya jawab, diskusi, ceramah dan presentasi, (c) Penyusunan cara pengajaran yang efektif untuk digunakan dilakukan setelah guru menganalisi karakter masing-masing siswa dalam kelas tersebut, (d) Memberikan pembelajaran yang menarik minat siswa. 3) Strategi pemberian motifasi dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran adalah dengan melalui: (a) Strategi pemberian motivasi dengan menyediakan sarana yang memadai untuk proses pembelajaran, (b) Strategi pemberian motivasi dengan merumuskan tujuan pembelajaran kepada siswa, (c) Agar siswa lebih termotivasi dalam pembelajaran guru mengupayakan pembelajaran yang dilakukan dapat berfariasi dan menyenangkan, (d) Supaya pemberian motivasi lebih efektif dilakukan, maka guru melakukan pendekatan-pendekatan. (e) Hasil belajar secara klasikal dikategorikan sudah dikategorikan baik.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam |
Depositing User: | Tesis 1755150429 Muhamad Makinudin |
Date Deposited: | 21 Nov 2017 06:34 |
Last Modified: | 21 Nov 2017 06:34 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6567 |
Actions (login required)
View Item |