INDAH DWI LESTARI, 2817133074 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS TERHADAP HASIL BELAJAR SKI PESERTA DIDIK KELAS IV MI MIFTAHUL ULUM PLOSOREJO KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (589kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (635kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (283kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (362kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (190kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (936kB) |
||
Text
DATAR RUJUKAN.pdf Download (146kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisons Terhadap Hasil Belajar SKI Peserta Didik Kelas IV MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar” ini ditulis oleh Indah Dwi Lestari, NIM. 2817133074, Pemimbing Dr. Eni Setyowati, S.Pd, MM. Kata Kunci : Kooperatif, STAD, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik karena sebagian besar guru mengajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Sehingga peneliti tertarik untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisons terhadap hasil belajar SKI peserta didik kelas IV MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimanakah hasil belajar SKI antara yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisons dengan konvensional pada peserta didik kelas IV MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar?, (2) Apakah ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisons terhadap hasil belajar SKI materi Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW peserta didik kelas IV MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar?, (3) Seberapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisons terhadap hasil belajar SKI peserta didik kelas IV MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar?. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisons dan konvensional, untuk mengatahui ada atau tidakkah pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisons terhadap hasil belajar dan besar penggaruh dalam penggunaan model pembelajaran tersebut. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen. Adapun desain penelitiannya menggunakan desain kelompok pra test-pasca tes acak. Teknik yang digunakan untuk pengambilan data menggunkan tes dan dokumentasi. Setelah data diperoleh untuk menggetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisons terhadap hasil belajar maka data tersebut diolah dengan teknik analisis independent sample t-test. Dan perhitungan effect size dengan rumus cohen’s untuk mengetahui besarnya penggaruh. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahawa (1) Hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisons (STAD) (75% diatas KKM) lebih baik dari pada model konvensional, (2) Ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisons (STAD) terhadap hasil belajar peserta didik dengan nilai thitung = 4.162 dan ttabel = 1,67591 sehingga thitung> ttabel, (3) Besarnya pengaruh model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Divisons (STAD) terhadap hasil belajar sebesar 88%, yang mana presentase tersebut tergolong tinggi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 2817133074 INDAH DWI LESTARI |
Date Deposited: | 07 Dec 2017 06:24 |
Last Modified: | 07 Dec 2017 06:24 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6700 |
Actions (login required)
View Item |