Moh. Misbakhul Huda, 2811133160 (2017) Upaya Guru Al Quran Al Hadits dalam Meningkatkan Menghafal Siswa di MTsN Ngantru Tulungagung. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (736kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (61kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (315kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (303kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (287kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (238kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (138kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang menunjukkan bahwa terdapat lembaga pendidikan Islam yang berupaya untuk menciptakan lulusan berkualitas dalam bidang ke-Islaman. Salah satunya melalui upaya peningkatan hafalan siswa pada materi Al Quran Ḥadits, sebagaimana diterapkan di MTsN Ngantru Tulungagung. Peran guru sangat dibutuhkan dalam upaya peningkatan hafalan siswa, terutama guru Al-Quran Hadist. Maka penting bagi guru Al-Quran Hadits untuk membentuk dan menerapkan berbagai upaya dalam meningkatkan hafalan setiap peserta didiknya. Fokus dalam penelitian ini adalah;(1).Bagaimana upaya guru Al Quran Hadits dalam meningkatkan hafalan siswa di MTsN Ngantru Tulungagung?. (2).Bagaimana hambatan guru Al Quran Hadits dalam upaya meningkatkan hafalan siswa di MTsN Ngantru Tulungagung?. (3).Bagaimana solusi dari hambatan guru Al Quran Hadits dalam upaya meningkatkan hafalan siswa di MTsN Ngantru Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah;(1).Untuk mendeskripsikan upaya guru Al Quran hadits dalam meningkatkan hafalan siswa di MTsN Ngantru Tulungagung?.(2).Untuk mendeskripsikan hambatan guru Al Quran Hadits dalam upaya meningkatkan hafalan siswa di MTsN Ngantru Tulungagung?. (3).Untuk mendeskripsikan solusi dari hambatan guru Al Quran Hadits dalam upaya meningkatkan hafalan siswa di MTsN Ngantru Tulungagung?. Penelitian ini ditinjau dari segi sifat data termasuk dalam penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan mulai dari mereduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan Perpanjangan keikutsertaan, Ketekunan atau keajegan pengamat, Triangulasi, dan Pemeriksaan atau pengecekan teman sejawat. Setelah penulis mengadakan penelitian dengan beberapa metode di atas memperoleh hasil bahwa (1) Adapun upaya guru Al Quran Hadits dalam meningkatkan hafalan siswa di MTsN Ngantru Tulungagung meliputi melalui pembiasaan, Pemberian Point/Nilai, serta adanya bimbingan. (2) Ada beberapa hambatan guru Al Quran Hadits Dalam meningkatkan hafalan siswa di MTsN Ngantru Tulungagung yaitu; Kurangnya kesadaran anak didik , lingkungan keluarga, kurang disiplin waktu (3) Solusi dari hambatan guru Al Quran Hadits dalam meningkatkan hafalan siswa di MTsN Ngantru Tulungagung , mengulang bacaan, membaca berpasangan, penilaian akhir, fasilitas/sarana dan prasarana, adanya pelajaran tilawah (Tilawatil Quran).
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2811133160 huda |
Date Deposited: | 29 Nov 2017 07:01 |
Last Modified: | 29 Nov 2017 07:01 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6715 |
Actions (login required)
View Item |