YULAIKAH VITMAWATI, 2811133282 (2017) PERAN GURU FIQIH DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI HAJI DAN UMRAH MELALUI MANASIK DI MAN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
cover.pdf Download (1MB) |
||
Text
abstrak.pdf Download (261kB) |
||
Text
Daftar Isi.pdf Download (94kB) |
||
|
Text
BAB 1.pdf Download (274kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (466kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (940kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (198kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (88kB) |
||
Text
Daftar Rujukan.pdf Download (74kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Fiqih Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Haji Dan Umrah Melalui Manasik di MAN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Yulaikah Vitmawati, NIM. 2811133282, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Aagama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, pembimbing Dr. Hj. Binti Maunah, M. Pd. I . Kata kunci: Peran, Guru Fiqih, Manasik Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena kurangnya pemahaman siswa terhadap mata pelajaran fiqih pada materi haji dan umrah yang menyebabkan kebingungan pada siswa apabila hanya teori saja yang mereka pelajari, dari permasalahan tersebut para guru khususnya guru mata pelajaran fiqih kelas X memiliki tugas dan peran untuk meningkatkan pemahaman siswa. dalam hal ini peneliti membahas terkait dengan peran Guru Fiqih dalam meningkatkan pemahman siswa pada materi haji dan umrah melalui manasik di MAN 1 Tulungagung. Konteks penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana gambaran umum pelaksanaan manasik haji di MAN 1 Tulungagung? (2) Bagaimana peran Guru Fiqih dalam meningkatkan pemahman siswa pada materi haji dan umrah? (3) Bagaimana peran Guru Fiqih dalam meningkatkan pemahman siswa pada materi haji dan umrah melalui manasik? Adapun yang menjadi fokus penelitian dalam hal ini adalah (1) mengetahui gambaran umum pelaksanaan manasik haji di MAN 1 Tulungagung? (2) mengetahui peran Guru Fiqih dalam meningkatkan pemahman siswa pada materi haji dan umrah? (3) mengetahui peran Guru Fiqih dalam meningkatkan pemahman siswa pada materi haji dan umrah melalui manasik? Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa uraian dan gambaran data-data yang terkumpul secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa kegiatan manasik haji mampu meningkatkan pemhaman pada siswa dan mampu meningkatkan nilai pelajaran fiqih siswa. Peran guru fiqih dalam meningkatan pemahaman siswa pada materi haji dan umrah, guru berperan sebagai menejer pembelajaran dimana guru memiliki kemandirian dan otonomi yang seluas-luasnya dalam mengelola keseluruhan kegitan belajar mengajar dan mendinamiskan seluruh sumber-sumber penunjang pembelajaran, seperti mengggunakan media pembelajaran berupa LCD proyektor, menggunakan metode ceramah, diskusi dan presentasi dalam pembelajaran, dan selalu melakukan inovasi dalam pembelajaran. Peran guru fiqih dalam meningkatkan pemahaman siswa pada materi haji dan umrah melalui manasik, guru tidak hanya mengajarkan materi melalui teori namun guru juga mengajarkan melalui metode simulasi berupa kegiatan manasik haji dan umrah, dimana kegiatan ini menjadikan siswa tau bagaimana pelaksanaan ibadah haji dan umrah sehingga para siswa menjadi paham baik secara teori maupun praktik ibadah haji dan umrah yang berpengaruh terhadap meningkatnya pemahman siswa sehingga nilai siswapun mengalami peningkatan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2811133282 YULAIKAH VITMAWATI |
Date Deposited: | 11 Dec 2017 01:53 |
Last Modified: | 11 Dec 2017 01:53 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6767 |
Actions (login required)
View Item |