YULI HIDAYAH, 2814133204 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CORE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PERSEGI, PERSEGI PANJANG DAN JAJARGENJANG SISWA KELAS VII SMPN 2 NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (312kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (983kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (954kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (185kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK YULI HIDAYAH, 2814133204, 2017. Pengaruh Model Pembelajaran CORE Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Persegi, Persegi panjang dan Jajargenjang Siswa Kelas VII SMPN 2 Ngunut Tulungagung. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Jurusan Tadris Matematika (TMT), IAIN Tulungagung, Pembimbing: Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci: CORE, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi dimana metode konvensional masih mendominasi pembelajaran matematika, sehingga menjadikan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Ditambah lagi adanya informasi dari lapangan, bahwa hasil belajar matematika yang diperoleh siswa kurang memuaskan. Oleh karena itu, untuk mewujudkan hasil belajar matematika yang diharapkan, diperlukan model pembelajaran yang mampu membangun pengetahuan dan keaktifan siswa melalui kegiatan belajar kelompok. Dalam hal ini peneliti menerapkan model pembelajaran CORE untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi persegi, persegi panjang dan jajargenjang. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh model pembelajaran CORE terhadap hasil belajar matematika pada materi persegi, persegi panjang dan jajargenjang siswa kelas VII SMPN 2 Ngunut?, (2) Berapa besar pengaruh model pembelajaran CORE terhadap hasil belajar matematika pada materi persegi, persegi panjang dan jajargenjang siswa kelas VII SMPN 2 Ngunut? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran CORE terhadap hasil belajar matematika pada materi persegi, persegi panjang dan jajargenjang siswa kelas VII SMPN 2 Ngunut, (2) Untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran CORE terhadap hasil belajar matematika pada materi persegi, persegi panjang dan jajargenjang siswa kelas VII SMPN 2 Ngunut. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 2 Ngunut sebanyak 374 siswa. Sampel penelitian yaitu siswa kelas VII D sebanyak 43 siswa sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas VII E sebanyak 42 siswa sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh diolah menggunakan analisis t-test. Hasil dari penelitian (1) Ada pengaruh yang signifikan pengaruh model pembelajaran CORE terhadap hasil belajar matematika pada materi persegi, persegi panjang dan jajargenjang siswa kelas VII SMPN 2 Ngunut. Hal ini dapat dilihat dari nilai uji t yang diperoleh sebesar 4,224 > t_tabel dengan taraf 5% yaitu sebesar 2,000 (2) Besar pengaruh model pembelajaran CORE terhadap hasil belajar matematika pada materi persegi, persegi panjang dan jajargenjang siswa kelas VII SMPN 2 Ngunut yaitu sebesar 51,6%.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 2814133204 YULI HIDAYAH |
Date Deposited: | 18 Dec 2017 06:45 |
Last Modified: | 18 Dec 2017 06:45 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6880 |
Actions (login required)
View Item |