PENGARUH METODE TSTS (TWO STAY TWO STRAY) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS VII SMPN 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG

LUTFI ROHMATUL ISNAINI, 2814133104 (2017) PENGARUH METODE TSTS (TWO STAY TWO STRAY) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS VII SMPN 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (566kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (185kB)
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (650kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (684kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (692kB) | Preview
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (496kB)
[img]
Preview
Text
BAB 6.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode TSTS (Two Stay Two Stray) Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Siswa Kelas VII SMPN 1 Boyolangu Tulungagung” ditulis oleh Lutfi Rohmatul Isnaini dibimbing oleh Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Metode TSTS (Two Stay Two Stray), Hasil Belajar Penelitian dalam skripsi ini membahas tentang pengaruh metode pembelajaran TSTS (Two Stay Two Stray) terhadap hasil belajar siswa. Kajian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya siswa yang mengalami kesulitan belajar pada mata pelajaran matematika yang berakibat kurang maksimalnya hasil belajar matematika dikarenakan kebanyakan siswa tidak menyukai pelajaran matematika, karena menganggap matematika sebagai mata pelajaran yang paling sulit. Selain itu, guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional di mana guru lebih aktif menjelaskan dan siswa hanya mendengarkan. Sehingga siswa kurang mampu mengungkapkan ide atau gagasan mereka baik dalam bentuk soal maupun cara penyelesaiannya dan berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran, seperti bertanya dan menjawab pertanyaan. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan membuat siswa lebih aktif dapat menggunakan Metode TSTS (Two Stay Two Stray) adalah suatu cara mengajar yang melibatkan siswa dalam proses kegiatan mental melalui diskusi kelompok memecahkan masalah kemudian memberikan kesempatan kepada setiap kelompok untuk membagikan hasil kerja dan informasi kepada kelompok lain dengan dibentuknya kelompok kecil yang terdiri dari 4 siswa setiap kelompoknya. Penggunaan teknik TSTS (Two Stay Two Stray) ini guru berusaha meningkatkan aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan Metode TSTS (Two Stay Two Stray) terhadap hasil belajar Matematika siswa materi Bangun Datar kelas VII SMPN 1 Boyolangu Tulungagung. 2) Untuk mengetahui besar pengaruh Metode TSTS (Two Stay Two Stray) terhadap hasil belajar Matematika siswa materi Bangun Datar kelas VII SMPN 1 Boyolangu Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya eksperimen semu (Quasi Experiment), populasinya adalah siswa kelas VII SMPN 1 Boyolangu berjumlah 380 siswa, teknik samplingnya adalah probability sampling, sampelnya siswa kelas VII J dan VII K, metode pengumpulan data dengan tes, observasi, dan dokumentasi, analisis data menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa ada pengaruh metode TSTS (Two Stay Two Stray) terhadap hasil belajar Matematika siswa materi Bangun Datar kelas VII SMPN 1 Boyolangu. Hal ini berdasarkan pada pengujian hipotesis menggunakan independent sample test, diperoleh nilai t_hitung (6,642)>t_tabel (1,996) pada taraf signifikansi 5%. Besar pengaruh metode TSTS (Two Stay Two Stray) terhadap hasil belajar Matematika siswa materi Bangun Datar kelas VII SMPN 1 Boyolangu adalah 1,655, di dalam tabel interpretasi nilai Cohen’s adalah 94,5% termasuk dalam kategori large atau tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: S.Pd 2814133104 LUTFI ROHMATUL ISNAINI
Date Deposited: 28 Dec 2017 04:20
Last Modified: 28 Dec 2017 04:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7027

Actions (login required)

View Item View Item