IMPLEMENTASI KURIKULUM TERSEMBUNYI (HIDDEN CURRICULUM) DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK (Studi Multikasus di MI Ma’arif NU Insan Cendekia Kota Kediri dan SDIT Bina Insani Kabupaten Kediri)

NISAA UNZYLAYKA, 1755154034 (2017) IMPLEMENTASI KURIKULUM TERSEMBUNYI (HIDDEN CURRICULUM) DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK (Studi Multikasus di MI Ma’arif NU Insan Cendekia Kota Kediri dan SDIT Bina Insani Kabupaten Kediri). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (232kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (638kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (478kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (156kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (189kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Implementasi Kurikulum Tersembunyi (Hidden Curriculum) dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik (Studi Multikasus di MI Ma’arif NU Insan Cendekia Kota Kediri dan SDIT Bina Insani Kab. Kediri)” ini ditulis oleh Nisaa Unzylayka dibimbing oleh Dr. Chusnul Chotimah, M.Ag. dan Dr. H. Munardji, M.Ag. Kata Kunci: Kurikulum Tersembunyi, Karakter, Peserta Didik. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di masyarakat banyak lembaga pendidikan yang berlomba menjadikan peserta didiknya berprestasi di bidang akademik. Lembaga pendidikan dipandang hanya sebagai sarana pelaksana kurikulum. Kurikulum yang disampaikan hanya sebatas prinsip pokok yang dibuat dari pemerintah tanpa adanya inovasi yang mengarah untuk pembentukan karakter. Sehingga output yang dihasilkan masih belum maksimal dan belum sesusi dengan harapan masyarakat. Untuk mengetahui hal tersebut peneliti merumuskan pertanyaan penelitian sebagai berikut: 1). Bagaimana desain kurikulum tersembunyi (hidden curriculum) dalam membentuk karakter peserta didik di MI Ma’arif NU Insan Cendekia kota Kediri dan SDIT Bina Insani Kabupaten Kediri? 2). Bagaimana metode pembentukan karakter peserta didik di MI Ma’arif NU Insan Cendekia kota Kediri dan SDIT Bina Insani Kabupaten Kediri melalui kurikulum tersembunyi (hidden curriculum)? 3). Bagaimana dampak kurikulum tersembunyi (hidden curriculum) dalam pembentukan karakter peserta didik di MI Ma’arif NU Insan Cendekia kota Kediri dan SDIT Bina Insani Kabupaten Kediri?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pemaparan informasi temuan secara deskriptif, wawancara mendalam, serta analisis dokumentasi. Mengingat bahwa penelitian ini dilakukan lebih dari satu situs denga karakteristik beda (multi kasus), maka data yang terkumpul terlebih dahulu dianalisis secara individu, baru kemudian dilakukan analisis data lintas situs. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa 1). Desain yang dibuat sekolah dengan tujuan untuk membentuk peserta didik yang berkarakter berpedoman pada visi-misi sekolah. Selanjutnya visi-misi sekolah dipetakan untuk merencanakan program kegiatan yang akan di integrasikan dengan pendidikan karakter. Selanjutnya program yang dibuat dikasifikasikan berdasarkan lima dimensi karakter kepribadian yaitu dimensi fisik, dimensi sosial, dimensi mental, dan dimensi iman. 2). Pembentukan karakter dilaksankan dengan metode terintegrasi dan bertahap dimulai dari pengetahuan melaksanakan, serta membiasakan. Metode yang dapat digunakan untuk pembentukan karakter peserta didik diantanya, halaqoh, unjuk diri, kunjungan, dialog, perumpamaan, keteladanan/ pembiasaan, pembinaan/motivasi. 3). Dampak yang dapat diterima lembaga setelah malaksanakan kurikulum tersembunyi yaitu, menjadikan sekolah semakin unggul dan berkualitas, kualitas guru semakin meningkat baik dari karakter personal guru maupun kualitas mengajar seorang guru ketika proses pembelajaran, kualitas karakter siswa semakin meningkat serta dapat memberikan kontribusi berupa prestasi baik akademik dan non akademik, minat dan kontribusi masyarakat semakin meningkat untuk terlibat dalam pengembangan sekolah. Serta banyak lembaga / kelompok masyarakat yang berpartisipasi untuk terlibat secara langsung dalam pembentukan karakter peserta didik melalui krakter positif yang dimiliki oleh setiap lembaga/ kelompok masyarakat.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: 1755154034 NISAA UNZYLAYKA
Date Deposited: 29 Dec 2017 07:32
Last Modified: 29 Dec 2017 07:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7077

Actions (login required)

View Item View Item