PENGARUH PENERAPAN TEORI VAN HIELE TERHADAP HASIL BELAJAR GEOMETRI SISWA KELAS X SMAN 1 TULUNGAGUNG

ULUL AZMI, 2814133191 (2018) PENGARUH PENERAPAN TEORI VAN HIELE TERHADAP HASIL BELAJAR GEOMETRI SISWA KELAS X SMAN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (863kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (912kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (595kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (618kB)
[img] Text
BAB V .pdf

Download (365kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (209kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB)

Abstract

ABSTRAK Azmi, Ulul (2814133191). 2017. Pengaruh Penerapan Teori Van Hiele Terhadap Hasil Belajar Geometri Siswa Kelas X SMAN 1 Tulungagung. Skripsi jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing: Dr. Muniri, M. Pd. Kata kunci: Teori Van Hiele, Geometri, Hasil Belajar. Geometri merupakan pembelajaran matematika yang mempelajari penyajian abstraksi dan pengalaman visual dan spasial, misalnya bidang, pola pengukuran dan pemetaan, dengan mempelajari geometri disekolah diharapkan dapat menumbuhkan kemampuan pikir logis siswa sehingga dapat digunakan untuk bekal dalam memecahkan masalah matematika dalam kehidupan nyata. Geometri telah dipelajari siswa ketika masuk ke sekolah dasar. Geometri secara tidak langsung diajarkan dengan pengenalan titik, garis, bidang dan ruang. Meski demikian, dewasa ini Geometri masih dianggap materi yang sulit dipahami siswa. Hal ini ditunjukkan dengan hasil belajar Geometri di sekolah menengah, masih rendah dan perlu perbaikan, hal ini dapat disebabkan oleh kemampuan berpikir abstrak siswa yang masih rendah, keadaan yang ada cenderung diperparah dengan guru yang tidak memahami tingkat kemampuan pikir siswa. Untuk itu diperlukan sebuah metode ataupun teori pembelajaran yang sesuai dengan tingkat kemampuan siswa sehingga penyampaian materi dapat diterima dan dipahami siswa dengan baik. Salah satu teori pembelajaran geometri yang sesuai dengan kemampuan berpikir siswa adalah teori van hiele.Berkenaan dengan hal tersebut, tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan teori van hiele terhadap hasil belajar geometri siswa kelas X SMAN 1 Tulungagung (2) untuk mengetahui berapa besar pengaruh penerapan teori van hiele terhadap hasil belajar geometri siswa kelas X SMAN 1 Tulungagung. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X-5 dan kelas X-6. sumber data dalam penelitian ini adalah keseluruhan data yang diperoleh dalam penelitian, antara lain nilai UTS siswa kelas X-5 dan kelas X-6, dokumen-dokumen berupa catatan, gambar, dan hasil observasi. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ada pengaruh penerapan teori van hiele terhadap hasil belajar geometri siswa kelas X SMAN 1 Tulungagung, (2) besarnya pengaruh penerapan teori van hiele terhadap hasil belajar geometri siswa kelas X SMAN 1 Tulungagung sebesar 10.4407% tergolong rendah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: ULUL AZMI 2814133191 ULUL AZMI
Date Deposited: 08 Feb 2018 01:30
Last Modified: 08 Feb 2018 01:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7250

Actions (login required)

View Item View Item