ELLA PRIYUNIKA, 1721143125 (2018) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 2 TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (488kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (176kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (302kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (358kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (637kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (640kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (272kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (86kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (96kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Trenggalek”, ini ditulis oleh Ella Priyunika, NIM. 1721143125. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam (IAIN) Tulungagung yang dibimbing oleh Dr. Luk Luk Nur Mufidah, M.Pd.I, NIP. 19790319 200312 2 002. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya dalam memahami pentingnya kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa. Pada kenyataannya kecerdasan emosional banyak memberikan pengaruh bagi aktivitas atau hasil belajar siswa. Rumusan masalah: (1) Adakah pengaruh kecerdasan emosional tentang motivasi diri terhadap hasil belajar kognitif siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Trenggalek? (2) Adakah pengaruh kecerdasan emosional tentang empati terhadap hasil belajar kognitif siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Trenggalek? (3) Adakah pengaruh kecerdasan emosional tentang keterampilan sosial terhadap hasil belajar kognitif siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Trenggalek? Tujuan penelitian: (1) Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional tentang motivasi diri terhadap hasil belajar kognitif siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Trenggalek. (2) Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional tentang empati terhadap hasil belajar kognitif siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Trenggalek. (3) Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional tentang keterampilan sosial terhadap hasil belajar kognitif siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penelitian ex-postfacto yang berjenis penelitian korelasional dengan mengambil sampel 47 siswa menggunakan penarikan sampel dengan teknik stratified random sampling. Sumber data: responden dan dokumen. Teknik pengumpulan data: angket, teknik analisis data: uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, linieritas, dan regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS for Windows 16.0. Hasil penelitian: (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional tentang motivasi diri terhadap hasil belajar kognitif siswa. Ini ditunjukan dengan nilai p value/ signifikansi t adalah 0,040 dan nilai tersebut lebih kecil dari pada probabilitas 0,05 (0,040 < 0,05) dan nilai thitung = 2,120 > ttabel = 2,014. (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional tentang empati terhadap hasil belajar kognitif siswa. Ini ditunjukan dengan nilai p value/ signifikansi t adalah 0,001 dan nilai tersebut lebih kecil dari pada probabilitas 0,05 (0,001 < 0,05) dan nilai thitung = 3,406 > ttabel = 2,014. (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional tentang keterampilan sosial terhadap hasil belajar kognitif siswa. Ini ditunjukan dengan nilai p value/ signifikansi t adalah 0,000 dan nilai tersebut lebih kecil dari pada probabilitas 0,05 (0,000 < 0,05) dan nilai thitung = 3,838 > ttabel = 2,014
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1721143125 ELLA PRIYUNIKA |
Date Deposited: | 23 Apr 2018 07:10 |
Last Modified: | 23 Apr 2018 07:10 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7627 |
Actions (login required)
View Item |