IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DI MAYANGKARA GROUP KOTA BLITAR (PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH)

ULFAH NASITAH, 1742143288 (2018) IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DI MAYANGKARA GROUP KOTA BLITAR (PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (351kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (578kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (552kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (200kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul, “Implementasi Corporate Social Responsibility di Mayangkara Group Kota Blitar (Perspektif Ekonomi Syariah)” ini ditulis oleh Ulfah Nasitah, NIM. 1742143288, Pembimbing Dr. Hj. Nur Aini Latifah, SE. MM. Etika bisnis menjadi paradigma penilaian baru dalam keberhasilan suatu perusahaan karena mampu mensinergikan kekuatan internal dan eksternal perusahaan. Etika bisnis terdiri dari beberapa hal, salah satunya adalah tanggung jawab sosial. Pertanggung jawaban sosial di dalam dunia bisnis ini terangkum dalam suatu konsep, yaitu Corporate Social Responsibility (CSR). Pada prinsipnya, CSR menekankan agar perusahaan tidak memposisikan diri sebagai menara gading dan institusi elitis yang mengisolir diri dari lingkungan sekitarnya. Sedangkan dalam islam, CSR dipandang sebagai wujud dari ajaran kebajikan yang sangat mulia dan terhormat. Tujuan yang ingin dicapai peneliti dalam penelitian ini diantaranya yaitu 1. Untuk mengetahui bentuk dan mekanisme implementasi CSR di Mayangkara Group kota Blitar, 2. Untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan CSR di Mayangkara Group kota Blitar, 3. Untuk mengetahui hasil yang telah diperoleh perusahaan Mayangkara Group kota Blitar setelah melaksanakan program CSR, 4. Untuk mengetahui implementasi CSR di Mayangkara Group kota Blitar sudah sesuai dengan ekonomi islam atau belum. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan sumber data primer dan sekunder. Untuk teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengumpulan data triangulasi yang terdiri dari observasi lapangan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data interaktif milik Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga komponen, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan serta pengujian kesimpulan. Hasil observasi dari penelitian ini menyatakan bahwa Bentuk kegiatan CSR di Mayangkara Group dilakukan dengan mekanisme yang sederhana dan ditangani oleh lembaga sosial perusahaan yaitu Mayangkara Foundation. Kemudian kendala yang dihadapi perusahaan pada pelaksanaan program CSR ini yaitu masyarakat kurang memahami mekanisme pelaksanaan program CSR yang diadakan perusahaan. Lalu untuk hasil yang dicapai perusahaan setelah melaksanakan CSR adalah terjaganya eksistensi perusahaan. Dan ternyata program CSR di Mayangkara Group sudah sesuai dengan etika ekonomi islam, karena CSR di perusahaan ini dianggap sebagai media penyaluran zakat, infaq, dan shadaqah perusahaan. Kata kunci: Implementasi, Corporate Social Responsibility, Mayangkara Group

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 1742143288 ULFAH NASITAH
Date Deposited: 30 Apr 2018 02:47
Last Modified: 30 Apr 2018 02:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7724

Actions (login required)

View Item View Item