HUBUNGAN KEBIASAAN MEMBACA BUKU KEAGAMAAN ISLAM DENGAN KEPRIBADIAN ISLAMI SISWA KELAS VIII MTsN 1 TULUNGAGUNG

RAHAYU RETNO WILIS, 1721143337 (2018) HUBUNGAN KEBIASAAN MEMBACA BUKU KEAGAMAAN ISLAM DENGAN KEPRIBADIAN ISLAMI SISWA KELAS VIII MTsN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (724kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Hubungan Kebiasaan Membaca Buku Keagamaan Islam dengan Kepribadian Islami Siswa Kelas VIII MTsN 1 Tulungagung” ditulis oleh Rahayu Retno Wilis, NIM 1721143337, pembimbing Dr. Luk Luk Nur Mufida, M.Pd.I, NIP. 19790319 200312 2 002 Kata kunci: Kebiasaan Membaca, Kepribadian Islami. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah kepribadian islami siswa yang merupakan permasalahan yang harus ditangani dengan baik. Berbagai persoalan mengenai perilaku siswa yang tidak baik diakibatkan oleh pengaruh negatif dari lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat dan media massa. Salah satu aspek yang mempengaruhi kepribadian islami siswa adalah pemahaman mengenai ajaran keagamaan. Untuk meningkatkan pemahaman keagamaan siswa, salah satu solusinya adalah dengan membiasakan membaca buku keagamaan islam. Rumusan masalah: 1. Bagaimana kebiasaan membaca buku keagamaan islami siswa kelas VIII MTsN 1 Tulungagung? 2. Adakah hubungan kebiasaan membaca buku keagamaan islam dengan kepribadian islami siswa kelas VIII MTsN 1 Tulungagung?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis deskriptif. Dengan populasi seluruh peserta didik kelas VIII MTsN 1 Tulungagung. Sempling: Porposive Sampel. Sampel: 50 siswa dari kelas VIII 1-9 MTsN 1 Tulungagung. Variabel bebas: Kebiasaan membaca buku keagamaan islam. Variabel terikat: Kepribadian islami siswa. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan alat ukur angket yang berjumlah 46 item dengan 27 item pernyataan kebiasaan membaca buku keagamaan islam dan 19 item pernyataan kepribadian islami siswa yang di ukur dengan bantuan rumus uji pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Kebiasaan membaca buku keagamaan islam siswa kelas VIII MTsN 1 Tulungagung dengan nilai rata-rata 99.1, nilai tertinggi 129, nilai terendah 63 dan tingkat kebiasaan membaca buku keagamaan islam berkategori sedang pada hasil 87-111 dengan jumlah frekuensi 39 responden (78%). 2. Hubungan kebiasaan membaca dengan kepribadian islami siswa MTsN 1 Tulungagung dengan hasil 0,624 dan 5% = 0,284, 1% = 0,368, KD = 39%. Penelitian ini menemukan adanya hubungan yang cukup signifikan antara kebiasaan membaca buku keagamaan islam dengan kepribadian islami siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa yang memiliki kebiasaan membaca buku keagamaan islam memberikan korelasi yang positif terhadap kepribadian islami siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143337 RAHAYU RETNO WILIS
Date Deposited: 26 Jul 2018 02:08
Last Modified: 26 Jul 2018 02:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7862

Actions (login required)

View Item View Item