DESTI NOVIANTRI, 1721143105 (2018) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA ETIKA TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA SISWA DI SMP NEGERI 1 REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (389kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (281kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (439kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (323kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (223kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (241kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (94kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (234kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Etika Toleransi Antar Umat Beragama Siswa Di SMP Negeri 1 Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Desti Noviantri, Pendidikan Agama Islam (PAI), NIM.1721143105 Tahun 2018 dibimbing oleh As’aril Muhajir Kata Kunci : Peran Guru PAI, Etika Toleransi Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi bahwa seorang pendidik memiliki peranan yang sangat penting dalam pendidikan begitu pula dalam pendidikan islam. Guru pendidikan agama islam disamping memiliki fungsi sebagai pengajar untuk menyampaikan atau mentransfer ilmu kepada anak didik, guru pendidikan agama islam juga harus mampu menjadi contoh tauladan yang baik bagi para siswa. Dengan demikian guru tidak hanya memberikan teori saja tetapi memberi contoh sikap yang baik terkait pembinaan etika yang akan tercermin pada perilaku anak didik. Ditengah masyarakat majemuk kita harus saling menghargai dan menghormati sesama manusia meskipun berbeda agama. Etika toleransi mengajarkan manusia untuk dapat hidup berdampingan dengan orang lain dalam menumbuhkan kesadaran indahnya kebersamaan dalam masyarakat majemuk. Hal ini hendaknya diterapkan juga pada anak didik agar menjadi masyarakat sekolah yang harmonis dan kompak di tengah keragaman. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam sebagai edukator dalam membina etika toleransi antar umat beragama di SMP Negeri 1 Rejotangan Tulungagung . 2) Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam sebagai motivator dalam membina etika toleransi antar umat beragama di SMP Negeri 1 Rejotangan Tulungagung. 3) Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam sebagai evaluator dalam membina etika toleransi antar umat beragama di SMP Negeri 1 Rejotangan Tulungagung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian terletak di SMP Negeri 1 Rejotangan Tulungagung. Data yang peneliti dapatkan dari Guru Pendidikan Agama Islam dan siswa. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari penelitian ini dapat dilihat hasil-hasil penelitian yaitu: 1) peran guru pendidikan agama Islam sebagai edukator dalam membina etika toleransi antar umat beragama siswa di SMP Negeri 1 Rejotangan Tulungagung adalah: Guru berperan sebagai teladan dalam mengajak siswa untuk berperilaku dan bersikap saling menghargai dan menghormati dengan siswa yang non muslim. Mengingatkan siswa muslim saat jam pelajaran PAI berlangsung untuk selalu bersikap baik kepada siswa non muslim. Mengadakan jumat bersih dan berinfaq pada hari jumat yang diadakan oleh guru PAI, banyak siswa non muslim mengikuti kegiatan tersebut. 2) peran guru pendidikan agama Islam sebagai motivator dalam membina etika toleransi antar umat beragama siswa di SMP Negeri 1 Rejotangan Tulungagung adalah: seorang guru pendidikan agama Islam harus mampu membantu siswa dalam meningkatkan pribadi siswanya menjadi lebih baik. Motivasi ini bertujuan untuk menyadarkan siswa mengenai pentingnya etika toleransi, serta siswa dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. . Memberikan arahan dan pengertian pada siswa tidak ada pembedaan antara muslim dan non muslim sehingga tercipta hubungan yang baik diantara keduanya.3) peran guru pendidikan agama Islam sebagai evaluator dalam membina etika toleransi antar umat beragama siswa di SMP Negeri 1 Rejotangan Tulungagung adalah: sebagai guru PAI yang sukses dalam artian mengajarkan, sehingga mengevaluasi dalam pembelajaran tersebut hasilnya adalah siswa yang beretika baik. Ketika anak bisa bersikap sopan, saling menghormati dan menghargai satu sama lain. Hal itu bisa dianggap berhasil dalam mengevaluasi siswa terutama dalam pembinaan etika toleransi . dengan terciptanya keharmonisan dan kerukunan antar siswa muslim dan non muslim.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1721143105 DESTI NOVIANTRI |
Date Deposited: | 10 Jul 2018 03:10 |
Last Modified: | 10 Jul 2018 03:10 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7933 |
Actions (login required)
View Item |