ALFI MARDIANA, 1721143041 (2018) PENGARUH PEMBERIAN PENGUATAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII DI MTsN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (189kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (72kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (91kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (429kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (73kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (16kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (21kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul dibawah ini “Pengaruh Pemberian Penguatan terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VII di MTsN 2 Tulungagung”, ini ditulis oleh Alfi Mardiana NIM 1721143041. Jurusan pendidikan Agam Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. H. Abd Aziz M.Pd.I. NIP. 197206012000031002. Kata Kunci : Pemberian Penguatan, Motivasi Belajar Siswa Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya guru dalam memberikan penguatan kepada siswa sehingga menyebabkan rendahnya motivasi belajar siswa. Karena siswa merasa tidak ada penghargaan atas partisipasinya dalam pembelajaran. Sehingga dalam hal ini pemberian penguatan sangat diperlukan untuk membangkitkan motivasi belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh pemberian penguatan verbal terhadap motivasi belajar siswa kelas VII di MTsN 2 Tulungagung? (2) Adakah pengaruh pemberian penguatan non-verbal terhadap motivasi belajar siswa kelas VII di MTsN 2 Tulungagung? (3) Adakah pengaruh pemberian penguatan verbal dan non-verbal terhadap motivasi belajar siswa kelas VII di MTsN 2 Tulungagung? Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh pemberian penguatan verbal terhadap motivasi belajar siswa kelas VII di MTsN 2 Tulungagung? (2) Untuk mengetahui pengaruh pemberian penguatan non-verbal terhadap motivasi belajar siswa kelas VII di MTsN 2 Tulungagung? (3) Untuk mengetahui pengaruh pemberian penguatan verbal dan non-verbal terhadap motivasi belajar siswa kelas VII di MTsN 2 Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian korelasi dengan populasi sebesar 468 siswa kelas VII MTsN 2 Tulungagung dengan jumlah sampel diambil sebesar 15% dari jumlah populasi yaitu berjumlah 70 siswa. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu pemberian penguatan dan variabel terikat yaitu motivasi belajar siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data mengunakan uji regresi linear sederhana, linear berganda, dan uji-F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pemberian penguatan verbal terhadap motivasi belajar siswa mempunyai pengaruh yang signfikan dengan dibuktikan dari hasil thitung > ttabel atau 5,194 > 1,994 dan tsig < α atau 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. (2) pemberian penguatan non-verbal terhadap motivasi belajar siswa mempunyai pengaruh yang signfikan dengan dibuktikan dari hasil thitung > ttabel atau 3,36 > 1,99 dan tsig < α atau 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. (3) pemberian penguatan verbal dan non-verbal terhadap motivasi belajar siswa bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan dengan dibuktikan dari hasil Fhitung > Ftabel atau 14,100 > 3,98 dan Fsig < α atau 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1721143041 ALFI MARDIANA |
Date Deposited: | 29 Jun 2018 02:24 |
Last Modified: | 29 Jun 2018 02:24 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8065 |
Actions (login required)
View Item |