EMY DIAN MASTURA, 1721143128 (2018) PENGARUH SUMBER BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR FIKIH MTs ASWAJA TUNGGANGRI TULUNGAGGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (426kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (551kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (671kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (403kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (608kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (154kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (270kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Sumber Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Fikih Siswa MTs Aswaja Tunggagri Tulungagung” Ini ditulis oleh Emy Dian Mastura, NIM. 1721143128, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungaggung. Pembimbing: Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I Kata kunci: Sumber Belajar, Minat Belajar, Hasil Belajar Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh pemanfaatan sumber belajar serta faktor ekstern dan intern, salah satu faktor intern adalah minat belajar. Sumber beajar merupakan yang ada di luar diri seseorang (peserta didik) dan yang memungkinkan (memudahkan) terjadinya proses belajar. Sedangkan minat adalah kecenderungan hati yang tinggi terhadap sesuatu. Penggunaan sumber belajar secara efektif dan minat belajar dari diri peserta didik akan berdampak pada hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh sumber belajar terhadap hasil belajar fikih di MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung, (2) untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar fikih di MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung, dan (3) untuk mengetahui pengaruh secara bersama-sama sumber belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar fikih di MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kausal. Dengan variabel bebas yakni sumber belajar (X1) dan minat belajar (X2), dan variabel terikat yakni hasil belajar (Y). Populasi dalam penelitian ini ada 201 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling, untuk sampel menggunakan 133 siswa, instrumen penelitian berupa kuesioner/angket yang merupakan data primer yang langsung di isi oleh siswa dan dokumentai yang merupakan data skunder yang data itu di peroleh tidak secara langsung dari objek utama. Kuesioner/angket digunakan untuk memperoleh informasi tentang sumber belajar (X1) dan minat belajar (X2) sedangkan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data hasil belajar (Y), jumlah populasi, dan dokumen madrasah. Untuk uji prasyarat menggunakan uji validitas dengan rumus korelasi product moment, uji reliabilitas dengan cronbach alpha, uji normalitas dengan uji kolmogrov-smirnov, dan uji linieritas. Untuk pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana, dan analisis regresi ganda Hasil penelitian ini menunjukan (1) Ada pengaruh sumber belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran fikih MTs Aswaja Tunggangri Tulungaagung. Berdasarkan nilai t hitung = 7,787> ttabel 5% = 1,978. (2) Ada pengaruh minat terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran fikih MTs Aswaja Tunggangri Tulungaagung. Berdasarkan nilai thitung = 4,589> ttabel 5% = 1,978. (3) Ada pengaruh secara bersama-sama antara sumber belajar dan minat terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran fikih MTs Aswaja Tunggangri Tulungaagung. Berdasarkan nilai F hitung = 30.086> Ftabel 5% = 3,070 dengan R square sebesar xvi 0,316, hal ini menunjukkan bahwa prosentase sumbangan pengaruh varibel independen (sumber belajar dan minat belajar) terhadap variabel dependen (hasil belajar) sebesar 31%.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1721143128 EMY DIAN MASTURA |
Date Deposited: | 07 Jun 2018 03:49 |
Last Modified: | 07 Jun 2018 03:49 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8091 |
Actions (login required)
View Item |