PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI BARIS DAN DERET ARITMETIKA KELAS X SMK ISLAM 1 DURENAN TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2017/2018

MUHAMAD FAHRUR ROZIQIN, 1724143168 (2018) PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI BARIS DAN DERET ARITMETIKA KELAS X SMK ISLAM 1 DURENAN TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (603kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (511kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (718kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (622kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (658kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (112kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (198kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Pendekatan Kontekstual Dengan Teknik Mind Mapping Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Materi Baris dan Deret Aritmetika Kelas X SMK Islam 1 Durenan Trenggalek Tahun Ajaran 2017/2018” ini ditulis oleh Muhamad Fahrur Roziqin, NIM. 1724143168, pembimbing Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Kontekstual, Mind Mapping, Motivasi dan Hasil Belajar Matematika. Pembelajaran merupakan wadah untuk menyalurkan suatu pengetahuan yang baru kepada peserta didik untuk mencapai tujuan dalam pembelajaran. Kenyataannya dalam proses penyaluran pengetahuan timbul beberapa kendala yang dihadapi. Terdapat siswa yang pasif dalam pembelajaran dan tidak mau menulis. Motivasi siswa juga kurang dalam mengikuti pembelajaran disebabkan siswa masih kesulitan dalam menerapkan materi yang dipelajari dengan lingkungannya. Kondisi siswa yang kendala seperti itu menyebabkan hasil belajarnya rendah. Untuk meningkatkan hasil belajar serta motivasi diperlukan suatu model pembelajaran yang tepat dengan kondisi siswa. Pendekatan kontekstual yang mengaitkan materi dengan lingkungan serta teknik mind mapping dengan menulis kreatifnya bisa menjadi solusi dari permasalahan yang dihadapi. Oleh karena itu peneliti menggunakan pendekatan kontekstual dengan teknik mind mapping untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitaian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh pendekatan kontekstual dengan teknik mind mapping terhadap motivasi siswa materi baris dan deret aritmetika kelas X SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. 2) Untuk mengetahui pengaruh pendekatan kontekstual dengan teknik mind mapping terhadap hasil belajar materi baris dan deret aritmetika kelas X SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasinya adalah siswa kelas X SMK Islam 1 Durenan yang berjumlah 275 siswa. Sampel penelitiannya yaitu kelas X AP 1 dan kelas X AP 2 dengan menggunakan teknik sampling purposive sampling atau sampel bertujuan. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan metode tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan uji instrumen validitas dan reliabilitas selanjutnya terdapat dua uji prasyarat hipotesis yaitu uji homogenitas dan uji normalitas kemudian di uji t-test. Hasil dalam penelitian ini 1) tidak ada pengaruh pendekatan kontekstual dengan teknik mind mapping terhadap motivasi siswa materi baris dan deret aritmetika kelas X SMK Islam 1 Durenan Trenggalek Tahun Ajaran 2017/2018. Dampak pengaruh yang ditimbulkan oleh kedua model pembelajaran terhadap kualitas motivasi siswa relatif sama. 2) Ada pengaruh pendekatan kontekstual dengan teknik mind mapping terhadap hasil belajar materi baris dan deret aritmetika kelas X SMK Islam 1 Durenan Trenggalek Tahun Ajaran 2017/2018. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh t hitung (6,455) > t tabel (2,00735) maka tolak H0 yang artinya ada pengaruh pendekatan kontekstual dengan teknik mind mapping terhadap hasil belajar materi baris dan deret aritmetika kelas X SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. Hasil penelitian dapat menjadi bahan pertimbangan dalam memilih model pembelajaran yang efisien dan tepat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143168 MUHAMAD FAHRUR ROZIQIN
Date Deposited: 26 Jun 2018 06:40
Last Modified: 26 Jun 2018 06:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8123

Actions (login required)

View Item View Item