PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS XI MAN 1 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

QURROTA A’YUN, 1721143333 (2018) PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS XI MAN 1 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (943kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (552kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (163kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (220kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (936kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (144kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini ditulis oleh Qurrota A’yun, NIM: 1721143333. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dengan judul: “Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas XI MAN 1 Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018”. Dosen Pembimbing H. Abdulloh Chakim, M. Pd, NIP. 19730107199803 1 003. Kata kunci : Gaya Belajar dan Prestasi Belajar Siswa Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih dijumpai siswa yang kesulitan dalam mengenali gaya belajar yang disukai. Ditambah adanya kemampuan guru yang berbeda dalam menerapkan metode pembelajaran yang sesuai dengan siswa. Maka dari itu, perlu adanya pemahaman guru terhadap masing-masing gaya belajar siswa, agar mampu mendorong peserta didik untuk aktif dalam proses pembelajaran dan peningkatan prestasi belajarnya. Dalam penelitian ini, peneliti bermaksud mengungkap gaya belajar siswa kelas XI di MAN 1 Tulungagung di hubungkan dengan prestasi belajar siswa mata pelajaran al-qur’an hadits tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Adakah pengaruh gaya belajar visual terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an hadits kelas XI MAN 1 Tulungagung tahun ajaran 2017/2018? (2) Adakah pengaruh gaya belajar auditorial terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an hadits kelas XI MAN 1 Tulungagung tahun ajaran 2017/2018? (3) Adakah pengaruh gaya belajar kinestetik terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an hadits kelas XI MAN 1 Tulungagung tahun ajaran 2017/2018? (4) Adakah pengaruh gaya belajar secara bersama-sama tehadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas XI MAN 1 Tulungagung tahun ajaran 2017/2018? Tujuan Penelitian Ini adalah: (1) Mengetahui pengaruh gaya belajar visual terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas XI MAN 1 Tulungagung tahun ajaran 2017/2018. (2) Mengetahui pengaruh gaya belajar auditorial terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas XI MAN 1 Tulungagung tahun ajaran 2017/2018. (3) Mengetahui pengaruh gaya belajar kinestetik terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas XI MAN 1 Tulungagung tahun ajaran 2017/2018. (4) Mengetahui pengaruh gaya belajar secara bersama-sama tehadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas XI MAN 1 Tulungagung tahun ajaran 2017/2018. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas XI berjumlah keseluruhan 310, sampel dalam penelitian ini sebanyak 47 siswa ditentukan menggunakan tehnik proporsional random sampling. Metode pengambilan data variabel gaya belajar menggunakan kuesioner model skala likert. Dan variabel prestasi belajar pelajaran Al-Qur’an Hadits menggunakan dokumentasi sekolah berupa raport. Tehnik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan tehnik analisis Secara Parsial (Uji T) dan tehnik analisis secara (simultan uji F). Hasil penelitian menujukkan bahwa: (1) ada pengaruh yang positif dan signifikansi Gaya Belajar Visual terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran al-qur’an hadits kelas XI MAN 1 Tulungagung. (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikansi gaya belajar Auditori terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran al-qur’an hadits kelas XI MAN 1 Tulungagung. (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikansi gaya belajar Auditori terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran al-qur’an hadits kelas XI MAN 1 Tulungagung. (4) Ada pengaruh yang positif dan signifikansi Gaya Belajar Visual, Gaya Belajar Auditori, Gaya Belajar Kinestetik secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadits kelas XI MAN 1 Tulungagung tahun ajaran 2017/2018.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143333 QURROTA A’YUN
Date Deposited: 30 Jul 2018 06:39
Last Modified: 30 Jul 2018 06:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8208

Actions (login required)

View Item View Item