PENGARUH PERAN ORANG TUA TERHADAP PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANAK USIA REMAJA DI MADRASAH TSANAWIYAH SUNAN KALIJOGO DESA REJOSARI KECAMATAN KALIDAWIR KABUPATEN TULUNGAGUNG

MUHAMMAD HASBI HABIBI, 1721143279 (2018) PENGARUH PERAN ORANG TUA TERHADAP PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANAK USIA REMAJA DI MADRASAH TSANAWIYAH SUNAN KALIJOGO DESA REJOSARI KECAMATAN KALIDAWIR KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (830kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Peran Orang Tua Terhadap Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam Anak Usia Remaja Di Madrasah Tsanawiyah Sunan Kalijogo Desa Rejosari Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Muhammad Hasbi Habibi, NIM. 1721143279. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd, NIP : 19810801 200912 1 004. Kata kunci: Peran Orang tua, Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam Penelitian ini dilatar belakangi oleh peran orang tua yang kurang memperhatikan perkembangan pendidikan anaknya, terutama pendidikan agama, sebagian besar orang tua menganggap bahwa pendidikan agama tidak begitu penting bagi anaknya, sehingga tak jarang mereka bersikap negatif terhadap pendidikan agama, dan cenderung berfikir yang tidak sesuai dengan syariat agama. Mereka beranggapan bahwa pendidikan agama mudah dipelajari dan mudah dimengerti oleh anak, sehingga tanpa dibimbing oleh orang tuanya pun anak akan bisa dengan sendirinya. Selain itu banyak orang tua yang kurang mengawasi anaknya dalam melakukan ibadah, mengaji, serta berperilaku baik kepada orang lain. Hal inilah yang membuat penulis tertarik untuk mengkaji pengaruh peran orang tua terhadap pelaksanaan pendidikan agama Islam anak usia remaja di madrasah tsanawiyah sunan kalijogo desa rejosari kecamatan kalidawir kabupaten tulungagung Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana gambaran umum tentang peran orang tua siswa di MTs. Sunan Kalijogo desa Rejosari kecamatan Kalidawir kabupaten Tulungagung?, (2) Adakah pengaruh bimbingan orang tua terhadap pelaksanaan pendidikan agama Islam anak usia remaja di MTs. Sunan Kalijogo desa Rejosari kecamatan Kalidawir kabupaten Tulungagung?, (3) Adakah pengaruh pengawasan orang tua terhadap pelaksanaan pendidikan agama Islam anak usia remaja di MTs. Sunan Kalijogo desa Rejosari kecamatan Kalidawir kabupaten Tulungagung?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengemukakan pengaruh peran orang tua terhadap pelaksanaan pendidikan agama Islam anak usia remaja di madrasah tsanawiyah sunan kalijogo desa rejosari kecamatan kalidawir kabupaten tulungagung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan dengan populasi seluruh siswa di MTs Sunan Kalijogo Rejosari, yang terdiri dari 300 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling dan diperoleh sampel sejumlah 173 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah peran orang tua, sedangkan variabel terikatnya adalah pelaksanaan pendidikan agama Islam siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, teknik analisis data dilakukan uji validitas, reliabilitas, normalitas, linearitas, analisis regresi ganda, analisis koefisien determinasi, uji t, dan uji F dengan bantuan SPSS 17.0 for Windows dan SPSS 24.0 for Windows. Hasil penelitian ini yaitu, pertama, terdapat pengaruh yang signifikan antara bimbingan orang tua terhadap pelaksanaan pendidikan agama Islam siswa di MTs Sunan Kalijogo Rejosari yang ditunjukkan dari thitung > ttabel (3,373 > 1,970). Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara bimbingan orang tua terhadap pelaksanaan pendidikan agama Islam siswa di MTs Sunan Kalijogo Rejosari. Kedua, terdapat pengaruh yang signifikan antara pengawasan orang tua terhadap pelaksanaan pendidikan agama Islam siswa di MTs Sunan Kalijogo Rejosari yang ditunjukkan dari thitung < ttabel (3,793 < 1,970). Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pengawasan orang tua terhadap pelaksanaan pendidikan agama Islam siswa di MTs Sunan Kalijogo Rejosari. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan antara bimbingan orang tua dan pengawasan orang tua terhadap pelaksanaan pendidikan agama Islam siswa di MTs Sunan Kalijogo Rejosari yang ditunjukkan dari nilai Fhitung (37,241) > Ftabel (3.89), dapatlah ditarik kesimpulan adanya pengaruh antara bimbingan orang tua dan pengawasan orang tua terhadap pelaksanaan pendidikan agama Islam siswa di MTs Sunan Kalijogo Rejosari.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.Pd 1721143279 Muhammad Hasbi Habibi
Date Deposited: 16 Jul 2018 06:37
Last Modified: 16 Jul 2018 06:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8264

Actions (login required)

View Item View Item