IIN FEBRIANI, 1721143173 (2018) PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI MTs ASWAJA TUNGGANGRI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (341kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (718kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (96kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (59kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (17kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru terhadap Minat Belajar Siswa di MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung” ini ditulis oleh Iin Febriani, NIM 1721143173. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Drs. H. Masduki, M.Ag, NIP.19620708 1998 03 1001 Kata Kunci: Keterampilan Menjelaskan, Keterampilan Membimbing Diskusi Kelompok Kecil, Minat Belajar Siswa. Penelitian ini dilatar belakangi keterampilan mengajar guru mayoritas masih pada level menyampaikan materi, pembelajaran belum maksimal menjadi pengembang, penemu, dan inovasi pembelajaran. Kurangnya pemahaman siswa terhadap materi pelajaran PAI dan siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Kurang efektifnya pembelajaran PAI. Kurangnya minat siswa terhadap materi pelajaran PAI. Rumusan masalah: (1) Adakah pengaruh keterampilan mengajar guru pada aspek menjelaskan (X1) terhadap minat belajar siswa (Y) di MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung? (2) Adakah pengaruh keterampilan mengajar guru pada aspek membimbing diskusi kelompok kecil (X2) terhadap minat belajar siswa (Y) di MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung? (3) Adakah secara bersamaan pengaruh keterampilan mengajar guru pada aspek mejelaskan (X1), dan membimbing diskusi kelompok kecil (X2) terhadap minat belajar siswa (Y) di MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung? Tujuan penelitian: (1) Mengetahui pengaruh keterampilan mengajar guru pada aspek menjelaskan (X1) terhadap minat belajar siswa (Y) di MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung. (2) Mengetahui pengaruh keterampilan mengajar guru pada aspek membimbing diskusi kelompok kecil (X2) terhadap minat belajar siswa (Y) di MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung (3) Mengetahui secara bersamaan pengaruh keterampilan mengajar guru pada aspek mejelaskan (X1), dan membimbing diskusi kelompok kecil (X2) terhadap minat belajar siswa (Y) di MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung Jenis penelitian adalah penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi adalah siswa kelas VIII di MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung, yang berjumlah 84 siswa dan jumlah sampel sebanyak 69 siswa. Sumber data: responden dan dokumen. Teknik pengumpulan data: angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data, menggunakan regresi (uji t dan uji F) dengan bantuan SPSS for Windows 16.0. Hasil penelitian: (1) Dari hasil analisis data pada taraf interval 5% menunjukkan bahwa - thitung < - ttabel (- 2,228 < - 1,999). Ada pengaruh yang signifikan antara keterampilan mengajar pada aspek menjelaskan terhadap minat belajar siswa di MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung. (2) Hasil analisis menunjukkan bahwa thitung > ttabel (3,266 > 1,999). Ada pengaruh yang signifikan antara keterampilan mengajar pada aspek membimbing diskusi kelompok kecil terhadap minat belajar siswa di MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung. (3) Hasil regresi ganda menunjukkan Fhitung (14,561) > Ftabel (3,99). Ada pengaruh yang signifikan antara keterampilan mengajar pada aspek menjelaskan dan keterampilan mengajar pada aspek membimbing diskusi kelompok kecil terhadap minat belajar siswa di MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1721143173 IIN FEBRIANI |
Date Deposited: | 23 Jul 2018 03:03 |
Last Modified: | 23 Jul 2018 03:03 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8267 |
Actions (login required)
View Item |