IDA LUTFINA, 1721143171 (2018) PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN FIKIH DI MTSN TUNGGANGRI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (10MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (344kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (268kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (456kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (297kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (189kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran FIKIH di MTsN Tunggangri ini ditulis oleh Ida Lutfina dengan pembimbing Prof. Dr. H. Imam Fu’adi, M.Ag. Kata kunci : Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Pembelajaran FIKIH. Penelitian dalam skrispsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena pembelajaran agama islam yang hanya menggunakan metode klasik saja dalam pembelajarannya. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah memberikan pengaruh dalam berbagai sektor dalam pendidikan, khususnya pada proses pembelajaran. Guru maupun siswa sama-sama mersakan keuntungan dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi, disamping itu juga ada kekurangan didalamnya. Rumusan masalah dalam penukisan skripsi ini yaitu : (1) Bagaimana Pemanfaatan Komputer Dalam Pembelajaran FIKIH Di MTsN Tunggangri Kalidawir Tulungagung, (2) Bagaimana Pemanfaatan Internet Dalam Pembelajaran FIKIH Di MTsN Tunggangri Kalidawir Tulungagung, (3) Bagaimana Kelebihan dan Kekurangan Pemanfaatan Komputer dan Internet Dalam Pembelajaran FIKIH Di MTsN Tunggangri Kalidawir Tulungagung. Penelitian ini ditulis menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dimana pada pendekatan ini penulis berperan sebagai instrument utama. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Tehnik analisis data dengan menggunakan reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan pengamat, triangulasi dan pengecekan teman sejawat. Dari penelitian ini, penulis mendapatkan hasil bahwa: (1) Pemanfaatan komputer dalam pembelajaran FIKIH di MTsN yait guru memanfaatkan video untuk mendukung penyamapaian materi dalam pembelajaran dan juga menggunakan PPT dalam menyampaiakan materi. (2) Pemanfaatan internet dalam pembelajaran FIKIH di MTsN Tungganggri berjalan dengan baik, guru memanfaatkannya untuk tugas browsing dan juga pemanfaatan e-mail. (3) Kelebihan pemakaian komputer dan internet di MTsN Tunggangri diantaranya yaitu: pembelajaran dikelas lebih kondusif dibandingkan dengan pembelajaran klasik, suasana kelas akan menjadi aktif, guru akan merasa lebih terbantu dengan adanya pemanfaatan komputer dan internet, ketika pemberian tugas dengan internet itu bisa mengefesiensikan waktu KBM, Sedangkan kelemahan yang ditemukan ketika pemanfaatan komputer dan internet di MTsN Tunggangri diantaranya yaitu: masalah biaya yang besar, membutuhkan waktu yang sedikit lama, dan kurangnya perhatian siswa pada pelajaran ketika mereka sudah jenuh.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1721143171 IDA LUTFINA |
Date Deposited: | 16 Jul 2018 03:48 |
Last Modified: | 16 Jul 2018 03:48 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8294 |
Actions (login required)
View Item |