Sari, Feni Mulya (2014) Pengaruh Motivasi Dan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTsN Karangrejo Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014. [ Skripsi ]
|
Text
daftar isi.pdf Download (546kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1.pdf Download (366kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2.pdf Download (511kB) | Preview |
|
|
Text
bab 3.pdf Download (680kB) | Preview |
|
|
Text
bab 4.pdf Download (537kB) | Preview |
|
|
Text
bab 5.pdf Download (297kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Rujukan.pdf Download (94kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: Motivasi, Berpikir Kritis, dan Hasil Belajar Matematika Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh realitas, bahwa pendidikan dalam era sekarang mengharapkan siswa untuk mampu berpikir kritis dalam mengkonstruksikan pengetahuan dan pemahamannya dalam memecahkan masalah terutama dalam mata pelajaran matematika. Selain itu, motivasi siswa dalam belajar juga berperan penting dalam keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan tertentu, dalam hal ini adalah hasil belajar yang tinggi. Dalam penelitian ini peneliti ingin melihat adakah pengaruh motivasi dan berpikir kritis siswa terhadap hasil belajar terutama pada mata pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTsN Karangrejo Tulungagung tahun ajaran 2013/2014, 2) untuk mengetahui pengaruh berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTsN Karangrejo Tulungagung tahun ajaran 2013/2014, 3) untuk mengetahui pengaruh antara motivasi dan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTsN Karangrejo Tulungagung tahun ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-postfakto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN Karangrejo dan sebanyak 35 siswa sebagai sampel berdasarkan cluster random sampling. Dalam penelitian ini digunakan metode angket, tes, dan dokumentasi. Metode angket digunakan untuk memperoleh data tentang motivasi siswa. Sedangkan metode tes digunakan untuk memperoleh data tentang tingkat berpikir kritis siswa. Dan metode dokumentasi digunakan untuk menggali data terkait dengan objek penelitian yaitu nilai ulangan tengah semester mata pelajaran matematika yang digunakan sebagai data hasil belajar, serta data yang terkait dengan madrasah. Setelah data diperoleh selanjutnya diadakan beberapa analisis untuk menjawab hipotesis. Dalam hal ini penulis menggunakan rumus analisis regresi berganda. Sebelum menganalisis dengan regresi berganda, maka diadakan uji prasarat yaitu uji normalitas, uji linieritas dan uji asumsi klasik. Berdasarkan analisis data didapatkan: 1) nilai signifikan 0,004 < 0,05 sehingga H0 ditolak yang berarti bahwa ada pengaruh motivasi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTsN Karangrejo Tulungagung, 2) nilai signifikan 0,004 < 0,05 sehingga H0 ditolak yang berarti bahwa ada pengaruh tingkat berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTsN Karangrejo Tulungagung, 3) nilai
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 13 Oct 2014 07:54 |
Last Modified: | 13 Oct 2014 07:54 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/83 |
Actions (login required)
View Item |