ILMA NUR ROSYIDAH, 1721143181 (2018) PENGARUH KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA MTSN 1 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (744kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (348kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (126kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (499kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (570kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (664kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (672kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (481kB) |
||
|
Text
BAB VI.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (198kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kecerdasan Interpersonal terhadap Kepercayaan Diri Siswa MTsN 1 Kota Blitar” ditulis oleh Ilma Nur Rosyidah, NIM. 1721143181. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd., NIP. 19810801 200912 1 004. Kata Kunci: Kecerdasan Interpersonal dan Kepercayaan Diri. Latar belakang penelitian ini adalah paradigma mayoritas orang-orang dalam dunia pendidikan, lebih mengedepankan kecerdasan intelektual (kognitif). Sedangkan dalam kehidupan sehari-hari siswa juga memerlukan kecerdasan interpersonal untuk berinteraksi dengan lingkungan masyarakat karena untuk mencapai kesuksesan tentunya dituntut untuk melakukan hubungan dengan pihak lain. Dalam hal ini mereka belum sepenuhnya mampu menggunakan beragam cara saat berinteraksi, sehingga mengalami kesulitan untuk bekerja sama dengan orang lain, sebagian lagi belum bisa menyesuaikan diri dimanapun mereka berada. Karena tingkat kemampuan interpersonal masih kurang maka mereka cenderung tidak peka, tidak peduli, egois dan suka menyinggung perasaan orang lain atau temannya di sekolah. Sehingga dalam hal ini perlunya pengembangan kecerdasan interpersonal untuk mendukung meningkatkan kepercayaan diri yang ada pada siswa. Berdasarkan hal tersebut peneliti ingin mengetahui pengaruh kecerdasan interpersonal terhadap kepercayaan diri siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Adakah pengaruh kecerdasan interpersonal dimensi pemahaman sosial terhadap kepercayaan diri siswa MTsN 1 Kota Blitar. 2) Adakah pengaruh kecerdasan interpersonal dimensi komunikasi sosial terhadap kepercayaan diri siswa MTsN 1 Kota Blitar. 3) Adakah pengaruh kecerdasan interpersonal dimensi pemahaman sosial dan komunikasi sosial secara bersama-sama terhadap kepercayaan diri siswa MTsN 1 Kota Blitar. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan interpersonal dimensi pemahaman sosial terhadap kepercayaan diri siswa MTsN 1 Kota Blitar. 2) Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan interpersonal dimensi komunikasi sosial terhadap kepercayaan diri siswa MTsN 1 Kota Blitar. 3) Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan interpersonal dimensi pemahaman sosial dan komunikasi sosial secara bersama-sama terhadap kepercayaan diri siswa MTsN 1 Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional. Variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah kecerdasan interpersonal dan variabel terikat (Y) adalah kepercayaan diri. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 731 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah secara proportionate stratified random sampling, dengan jumlah sampel 233 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Dalam analisis penelitian menggunakan bantuan SPSS 23.0 dengan uji t dan uji f. Berdasarkan hasil penelitian: (1) Ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan interpersonal dimensi pemahaman sosial terhadap kepercayaan diri siswa MTsN 1 Kota Blitar. Dari hasil perhitungan data dengan cara membandingkan thitung dan ttabel menunjukkan bahwa thitung > ttabel (7,715 > 1 ,972) dan nilai probabilitas 0,05 (0,000 < 0,05). Sehingga menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. (2) Ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan interpersonal dimensi komunikasi sosial terhadap kepercayaan diri siswa MTsN 1 Kota Blitar, yang ditunjukkan dengan perhitungan data dengan cara membandingkan thitung dan ttabel menunjukkan bahwa thitung > ttabel (-5,908 > -1,972) dan nilai probabilitas 0,05 (0,000 < 0,05). Sehingga menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. (3) Ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan interpersonal dimensi pemahaman sosial dan komunikasi sosial terhadap kepercayaan diri siswa MTsN 1 Kota Blitar, yang ditunjukkan dari nilai Fhitung (59,514) > Ftabel (3,037), tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Sehinggan Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi dapat ditarik kesimpulan adanya pengaruh yang signifikan dan simultan antara kecerdasan interpersonal dimensi pemahaman sosial dan komunikasi sosial terhadap kepercayaan diri siswa MTsN 1 Kota Blitar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1721143181 ILMA NUR ROSYIDAH |
Date Deposited: | 16 Jul 2018 07:14 |
Last Modified: | 16 Jul 2018 07:14 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8339 |
Actions (login required)
View Item |