Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PAI di MTsN Kunir Blitar, di bimbing oleh Anissatul Mufarokah.

Munir, Misbachul (2012) Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PAI di MTsN Kunir Blitar, di bimbing oleh Anissatul Mufarokah. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAB III misbah.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I MISBAH.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II MISBAH.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (230kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata-kata kunci: strategi guru, motivasi belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh Pendidikan agama Islam mempunyai peranan penting dalam meningkatkan sumberdaya manusia, untuk itu setiap manusia baik laki-laki maupun perempuan harus mendapat pendidikan, sebagai bekal kehidupan di dunia dan akhirat. Fokus masalah dalam penulisan skripsi ini, 1) bagaimana perencanaan pembelajaran guru dalam meningkatkan motivasi belajar PAI? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran guru dalam meningkatkan motivasi belajar PAI? 3) apa faktor pendukung dan penghambat strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar PAI di MTsN Kunir? Penelitian ini berdasarkan lokasi sumberdatanya termasuk kategori penelitian lapangan, dan ditinjau dari segi sifat-sifat data termasuk dalam penelitian kualitatif, berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan mulai dari analisis sebelum di lapangan, analisis ketika di lapangan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan perpanjangan kehadiran, keajegan pengamatan, triangulasi, pembahasan teman sejawat. Hasil penelitian, 1) Perencanaan pembelajaran guru dalam meningkatkan motivasi belajar PAI adalah guru menyusun perangkat pembelajaran sebaik mungkin, mempelajari RPP sebelum mengajar di kelas, mempersiapkan fisiologis dan psikologis guru dan mengikuti pelatihan keguruan. 2) Dalam pelaksanaan pembelajaran PAI sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar siswa guru menggunakan strategi individu dan kelomppok, bepenampilan rapi, menyampaikan materi dengan suara jelas, memberikan phunisment dan reward, kreatif dalam mengubah strtegi sesuai dengan sikon dan pengunaan media dan sumber belajar. 3) Faktor pendukung dan penghambat strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar PAI di MTsN Kunir. Diantara faktor pendukung terlaksananya strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar PAI diantaranya: 1) kondisi siswa yang stabil. 2). kondisi guru yang kompeten. 3) lingkungan belajar yang mendukung. Sedangkan faktor yang menghambat: 1) kondisi siswa yang labil. 2) kondisi guru itu sendiri, mungkin sakit, prencanaan pembelajar yang belum matang. 3) lingkungan kelas yang tidak mendukung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 26 Jan 2015 08:10
Last Modified: 26 Jan 2015 08:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/838

Actions (login required)

View Item View Item