TIARA RIZKY SANTOSO, 1724143242 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TERHADAP KECERDASAN LOGIS MATEMATIS SISWA MATERI TRIGONOMETRI KELAS X SMAN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (495kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I .pdf Download (415kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (807kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III .pdf Download (638kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV .pdf Download (415kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V .pdf Download (425kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (306kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (386kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle terhadap Kecerdasan Logis Matematis Siswa Materi Trigonometri Kelas X SMAN 1 Tulungagung” ditulis oleh Tiara Rizky Santoso dibimbing oleh Ummu Sholihah, S.Pd.,M.Si. Kata Kunci : Learning Cycle , Kecerdasan Logis Matematis, Trigonometri Pemilihan model pembelajaran yang tepat akan berpengaruh pada keberhasilan proses pembelajaran. Pembelajaran yang hanya berpusat pada guru menyebabkan siswa kurang aktif. Siswa yang hanya mendengarkan materi dari guru cenderung cepat bosan dengan pembelajaran khususnya matematika. Hal ini yang menyebabkan kecerdasan logis matematis siswa menjadi lemah. Oleh sebab itu, diperlukan model pembelajaran yang memusatkan pembelajaran pada siswa. Salah satu model pembelajaran yang memusatkan pembelajaran pada siswa adalah Learning Cycle. Learning Cycle adalah model pembelajaran yang terdiri dari 5 tahap diantaranya pembangkitan minat, eksplorasi, penjelasan, elaborasi, evaluasi. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh model Learning Cycle terhadap kecerdasan logis matematis siswa materi trigonometri kelas X SMAN 1 Tulungagung. 2) Untuk mengetahui Seberapa besar pengaruh model pembelajaran Learning Cycle terhadap kecerdasan logis matematis siswa materi trigonometri kelas X SMAN 1 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Tulungagung. Teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling, dengan kelas X-4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-6 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan t-test. Berdasarkan hasil uji analisis t-test terbukti bahwa nilai kecerdasan logis matematis siswa lebih besar dari yaitu pada taraf signifikansi 5% dengan db = 66 disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Learning Cycle terhadap Kecerdasan Logis Matematis Siswa Materi Trigonometri Kelas X SMAN 1 Tulungagung. Besar pengaruh model Learning Cycle terhadap Kecerdasan Logis Matematis Siswa adalah 1,75 yang dalam tabel interpretasi nilai Cohen’s d tergolong large atau tinggi dengan persentase 95,5%.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 1724143242 TIARA RIZKY SANTOSO |
Date Deposited: | 19 Jul 2018 07:49 |
Last Modified: | 19 Jul 2018 07:49 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8396 |
Actions (login required)
View Item |