SURUR ISTIKA, 1724143240 (2018) PROFIL DEFRAGMENTING STRUKTUR BERPIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH GARIS SINGGUNG PERSEKUTUAN LINGKARAN SISWA SMPN 3 MUNJUNGAN. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (414kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (454kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (665kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (312kB) |
||
|
Text
BAB IV.pdf Download (793kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (423kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (297kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Profil Defragmenting Struktur Berpikir siswa dalam Menyelesaiakan Masalah Garis Singgung Persekutuan Lingkaran Siswa SMPN 3 Munjungan” ini ditulis oleh Surur Istika, NIM. 1724143240, pembimbing Dr. Eni Setyowati, S.Pd., M.M. Kata kunci : Defragmenting, Struktur Berpikir, Menyelesaikan Masalah, Garis Singgung Persekutuan Lingkaran Penelitian ini dilatar belakangi banyaknya siswa yang mengalami permasalahan dalam mengerjakan soal matematika utamanya dalam soal matematika yang memerlukan prosedur yang panjang. Dalam mengerjakan soal yang membutuhkan prosedur yang panjang ini banyak siswa yang mengalami kesalahan prosedur dalam menyelesaikan soal tersebut. Kesalahan prosedur ini disebabkan kurangnya koneksi materi yang telah mereka pelajari dengan materi yang sedang mereka pelajari sekarang. Kurangya koneksi ini berasal dari struktur berpikir siswa yang masih kurang tertata secara rapi dan masih terlihat acak-acakan. Restrukturisasi berpikir sangat diperlukan dalam hal mengatasi masalah seperti itu. Defragmenting lebih dikenal dengan restrukturisasi berpikir dapat mengatasi struktur berpikir yang masih kurang tertata. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profil defragmenting struktur berpikir siswa dalam menyelesaikan maslah garis singgung persekutuan lingkaran siswa SMPN 3 Munjungan. Pendekatan yang digunakan dalan penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif, peneliti bertindak sebagai instrumen sekaligus pengumpul data serta mengamati. Metode pengumpulan data menggunakan: 1) Tes, 2) Wawancara mendalam serta 3) Dokumentasi sebagai data pemdukung. Teknik pengumpulan analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah-langkah: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian defragmenting yang sesuai untuk menata ulang struktur berpikir siswa adalah dengan tahap disequilibrasi (memberikan intervensi dan refleksi materi yang telah dipelajari), conflict cognitive (pertentangan konsep siswa dengan konsep ilmiah), scaffolding (pemberian bantuan dan pembentukan koneksi dalam struktur berpikir siswa). Keempat subyek dalam penelitian memberikan respon yang berbeda pada saat peneliti memberikan defragmenting atau restrukturisasi. Walaupun masing-masing respon berbeda, tetapi dengan pemberian defragmenting dapat mengatasi permasalahan yang dihadapi siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 1724143240 SURUR ISTIKA |
Date Deposited: | 30 Oct 2018 03:38 |
Last Modified: | 30 Oct 2018 03:38 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8416 |
Actions (login required)
View Item |