STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGHADAPI GAYA BELAJAR SISWA DI SMP RAUDLATUL MUSTHOFA REJOTANGAN TULUNGAGUNG

MITA SEPTIA YUHANA, 1721143240 (2018) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGHADAPI GAYA BELAJAR SISWA DI SMP RAUDLATUL MUSTHOFA REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (154kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (40kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (214kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (606kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (145kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (65kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menghadapi Gaya Belajar siswa di SMP Raudlatul Musthofa Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Mita Septia Yuhana, NIM 1721143240 Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Dr. H. Zaini, S.Ag, M.Pd.I Kata Kunci : Guru Pendidikan Agama Islam, Gaya Belajar Skripsi ini membahas tentang Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam menghadapi Gaya Belajar Siswa di SMP Raudlatul Musthofa Rejotangan Tulungagung. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya perbedaan setiap siswa yang menimbulkan karakteristik yang menonjol dari peserta didik di SMP Raudlatul Musthofa Rejotangan Tulungagung terutama dalam bentuk gaya belajar yang mereka terapkan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, guru harus mampu menggunakan berbagai strategi yang sesuai dengan gaya belajar siswa. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalahyaitu (1) Bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam menghadapi gaya belajar siswa tepe auditori di SMP Raudlatul Musthofa Rejotangan Tulungagung?, 2) Bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam menghadapi gaya belajar siswa tepe visual di SMP Raudlatul Musthofa Rejotangan Tulungagung?, 3) Bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam menghadapi gaya belajar siswa tepe kinestetik di SMP Raudlatul Musthofa Rejotangan Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengahadapi gaya belajar siswa tipe auditori di SMP Raudlatul Musthofa Rejotangan Tulungagung. (2) Untuk mengetahui strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengahadapi gaya belajar siswa tipe visual di SMP Raudlatul Musthofa Rejotangan Tulungagung. (3) Untuk mengetahui strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengahadapi gaya belajar siswa tipe kinestetik di SMP Raudlatul Musthofa Rejotangan Tulungagung. Metode penelitian ini adalah jenis kualitatif deskriptif. Dimana dalam mengumpulkan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan teknik analisis datanya yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa: Strategi yang digunakan guru pendidikan agama Islam dalam mengahadapi gaya belajar siswa tipe auditori di SMP Raudlatul Musthofa Rejotangan Tulungagung adalah dengan metode ceramah, metode kelompok, dan memutarkan audio yang sesuai dengan materi. Sedangakan strategi guru Pendidikan agama Islam dalam menghadapai gaya belajar siswa tipe visual di SMP Raudlatul Musthofa Rejotangan Tulungagung adalah dengan menjelaskan dan menulis di papan tulis, menggunakan gambar-gambar. Kemudian strategi yang digunakan guru pendidikan agama Islam dalam mengahadapi gaya belajar siswa tipe kinestetik di SMP Raudlatul Musthofa Rejotangan Tulungagung adalah dengan menerapkan BIM (belajar itu menyenangkan), memberikan game, mengajar diluar kelas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143240 MITA SEPTIA YUHANA
Date Deposited: 23 Jul 2018 07:21
Last Modified: 23 Jul 2018 07:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8444

Actions (login required)

View Item View Item